• banner biotek2
Print

Bioteknologi dalam Pekan Inovasi Teknologi Tahun 2016

on .

image008Bogor, 16 Oktober 2016., Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI turut berpartisipasi dalam pameran pekan inovasi teknologi yang dilaksanakan pada tanggal 12-16 Oktober 2016. Kegiatan yang diprakarsai oleh Pusat Inovasi-LIPI ini, bertempat di lantai dasar gedung Botani Square dan berlangsung selama jam operasional mall yaitu pukul 10.00-22.00 Wib. Selain Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI, Pameran yang menitik beratkan pada produk ini, juga diikuti oleh beberapa satuan kerja yang ada dilingkungan LIPI diantaranya Pusat Penelitian Biologi, Pusat Penelitian Limnologi juga beberapa Tekno Park yaitu Tekno Park Banyumulek, Teno Park Tasik, Tekno Park Samosir serta UMKM binaan LIPI.

Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI menampilkan produk-produk unggulan yang dimiliki yaitu padi gogo yang terdiri dari Inpago LIPI go 1, Inpago LIPI go 2, Inpago LIPI go 4 dengan keunggulannya toleran blas, masa tanam lebih singkat dan yang paling utama adalah memiliki produksi yang sangat tinggi mencapai 5 ton/ha, kit kanker payudara dan biomasa untuk menghasilkan bioethanol. Selain itu juga ditampilkan produk hasil dari Teknopark Banyumulek yang merupakan kawasan terpadu antara peternakan dan pertanian yang berada di provinsi Nusa Tenggara Barat. Produk yang ditampilkan mulai dari sperma sexing, konsentrat berkualitas untuk sapi potong, probiotik untuk sapi, tanaman hasil kultur jaringan, kompos hasil sampingan dari peternakan serta yang paling menarik adalah pangan hasil olahan dari sapi mulai dari daging, susu dan keju.

Para pengunjung tidak hanya melihat produk hasil penelitian dari Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI dan juga Tekno Park Banyumulek tetapi juga dapat mencicipi produk olahan dari daging yaitu beef stick dan produk olahan dari susu seperti susu pasteurisasi, yougurt dan keju mozarela.   Kegiatan yang berlangsung selama lima hari ini dihadiri oleh 251 orang pengunjung yang sangat beragam mulai dari pelajar, ibu rumah tangga, akademisi sampai pengusaha. Hal yang selalu dipertanyakan oleh pengunjung adalah dimana mereka bisa mendapatkan produk yang sedang dipamerkan. Tentunya hal ini sulit untuk bisa dijawab karena tugas LIPI hanya sebatas riset sedangkan untuk produksi dan pengembangan sangat membutuhkan peran pihak lain yaitu swasta maupun BUMN sehingga manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat. (Esti/humas/biotek)

image010image008image014image016image018image022

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

icon-pelatihan-b

icon-kunjunganilmiah-b

icon-pengujianbiotek-b

icon-pembimbingan-b

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI