• banner biotek2
Print

Kunjungan Ilmiah SMP An Nahl

on .

Foto bersama di ruang prosesing susu

Jumat, 21 Oktober 2016 Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI menerima kunjungan ilmiah dari SMP An Nahl Gunung Putri Bogor. Kegiatan yang berlangsung dari pukul 08.00- 11.00 ini diikuti oleh 45 orang siswa dan siswi yang didampingi oleh 5 orang guru biologi. Acara dibuka oleh Bapak Ahmad Saefudin S.S (Kepala Sub Bidang Pengelolaan Hasil Penelitian) selaku Plh Kepala Sub Bidang Diseminasi dan Kerjasama Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI sekaligus menyerahkan cendera mata boneka mikroba untuk media ajar disekolah. Sangat unik boneka yang diserahkan adalah bentukan besar dari mikroba asli Indonesia yang diteliti di Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI. Pada kesempatan yang sama siswa-siswi juga dibekali dengan pengarahan umum tentang Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI.

Kunjungan dari SMP An Nahl difokuskan pada praktek pembuatan kompos dan juga produk olahan susu yaitu yoghurt dan susu pasteurisasi. Kunjungan ke unit pembuatan kompos dipandu oleh Bapak Tato Sumardiman. Disini pengunjung diajari bagaimana cara membuat kompos yang baik dan benar. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah rumput segar, kotoran sapi serta starter yang dapat mempercepat proses pembuatan kompos. Semua bahan diaduk rata dan didiamkan dalam kondisi kedap udara selama 1,5 bulan setelah itu kompos siap untuk digunakan sebagai pupuk bagi tanaman.

Setelah praktek pembuatan kompos selesai, kegiatan kunjungan berlanjut ke pabrik susu untuk pembuatan susu pasteurisasi dan yoghurt acara ini dipandu oleh staf dari laboratorium Reproduksi, Pemuliaan dan Kultur sel hewan. Kegiatan dimulai dengan presentasi tentang yogurt mulai dari pengenalan bahan serta cara pembuatannya. Pengunjung diberikan kesempatan terlibat langsung dalam proses pembuatan olahan susu dari proses pasteurisasi sampai penambahan bahan-bahan seperti buah-buahan untuk meningkatkan cita rasa yoghurt. Pengunjung dapat langsung menikmati susu dan yoghurt hasil dari prakatek pada akhir kegiatan. Diharapkan kunjungan dan praktek singkat ini dapat menambah pengetahuan siswa dan siswi serta bermanfaat untuk mendukung kegiatan belajar mengajar disekolah.(Esti/humas/biotek)

Demo pembuatan komposMendengar penjelasan pembuatan yoghurtTanya jawab saat kunjungan di ruang prosesing susuMencicipi bersama product yoghurt Puslit Bioteknologi di ruang prosesing susuPenjelasan dan demo pembuatan yoghurt di ruang prosesing susu

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

icon-pelatihan-b

icon-kunjunganilmiah-b

icon-pengujianbiotek-b

icon-pembimbingan-b

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI