• banner biotek2
Print

Monitoring dan Evaluasi Pengembangan Techno Park Banyumulek, NTB dan Expose Hasil Techno Park

on .

banyumuleknovember16a

Mataram – NTB.7-8 November 2016. Kedaulatan pangan saat ini menjadi program prioritas Nasional. Kedaulatan pangan dapat diwujudkan dengan terciptanya kemandirian ketahanan pangan yang berbasis pemanfaatan sumberdaya alam lokal.

Unsur ketahanan  pangan ditujukan untuk mewujudkan kemandirian pangan, peningkatan daya saing produk pertanian, peningkatan pendapatan petani, serta kelestarian lingkungan dan sumber daya alam. Sektor peternakan pada saat ini sangat diandalkan untuk berperan dalam  mencukupi kebutuhan protein hewani masyarakat Indonesia. Peternakan sapi potong merupakan salah satu penyumbang produksi yang cukup besar, namun produktivitasnya masih belum optimal.  Produk atau paket teknologi inovasi IPTEK TP selanjutnya didistribusikan seluas-luasnya untuk kepentingan masyarakat. Techno Park merupakan kawasan yang disiapkan secara khusus untuk mengembangkan dan mengimplementasikan inovasi IPTEK. IPTEK yang telah dikembangkan akan dilakukan upaya implementasi peningkatan produksi menjadi produk komersil skala besar/industri sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat secara luas. Konsep TP yang sedang dibangun terdapat di daerah Banyumulek Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan mengusung tema Techno Park Business Center dan Diseminasi Berbasis Pemanfaatan Bioresources dan Agroeduwisata Secara Berkelanjutan. Tema ini diambil guna mendukung program pemerintah yaitu “kedaulatan pangan” dalam membangun kawasan peternakan dan pertanian terpadu yang berbasis bahan baku hulu sampai hilir dari potensi lokal daerah yang tersedia.

Program pembangunan TP Banyumulek – NTB dilaksanakan secara integrasi dalam 6 klaster yaitu Pengolahan Pakan, Pembibitan dan Penggemukan Sapi Bali, Pengolahan Hasil Samping Peternakan, Pertanian Organik, Pengolahan Pasca Panen, dan Sosial Ekonomi Masyarakat, yang dikemas dalam wadah keterpaduan dan dialih teknologikan kepada masyarakat..

Dalam upaya untuk mendukung hal tersebut maka Puslit Bioteknologi LIPI mengadakan Monitoring dan Evaluasi Pengembangan Technopark Banyumulek, NTB pada tanggal 7 November 2016 bertempat di Balai Inseminasi Buatan Daerah Banyumulek dan  dihadiri oleh Kepala Puslit Bioteknologi LIPI, Kepala Bagian Tata Usaha Puslit Bioteknologi LIPI, Kepala Bidang Pengelolaan dan Diseminasi Hasil Penelitian Puslit Bioteknologi LIPI, Kepala Sub Bidang Diseminasi dan Kerjasama Puslit Bioteknologi LIPI, Ketua PME Puslit Bioteknologi LIPI, Koordinator Sasaran Kegiatan TP Banyumulek, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB, Kepala Balai Inseminasi Buatan Daerah Banyumulek, Kepala BP3TR Banyumulek, perwakilan Bappenas, perwakilan BPK LIPI, perwakilan BPKP, Perwakilan Universitas Mataram serta para penanggung jawab kegiatan TP. Banyumulek.

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi ini diawali dengan laporan dari Koordinator kegiatan TP banyumulek, Dr. Roni Ridwan  dilanjutkan sambutan dari Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB yang diwakili oleh Kepala Balai Inseminasi Buatan Daerah Banyumulek, Pak Bima dan dilanjutkan dengan sambutan dan arahan Kepala Puslit Bioteknologi LIPI, Dr. Bambang Sunarko. Dalam arahannya beliau menyampaian ada tiga hal yang perlu dievaluasi yaitu (1) kesesuaian antara program dan Dinas dengan versi LIPI, apakah ada koreksi-koreksi yang perlu diperbaiki dalam dua tahun ini, (2) adakah kesesuaian kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh PJSK dengan program besar, dan jika programnya sesuai, apakah road map sesuai atau tidak dengan yang direncanakan (3)  terkait kerjasama dengan stakeholder, Pemerintah Daerah, Universitas Mataram apakah terimplementasi dengan baik atau tidak.

Pada tanggal 8 November 2016 diselenggarakan acara expose produk Technopark Banyumulek-NTB dan gelar Pedet hasil IB Sexing yang merupakan rangkaian dari acara Monitoring dan Evaluasi Pengembangan Technopark Banyumulek, NTB.  Dari seluruh rangkaian kegiatan tersebut diharapkan dapat menghasilkan keluaran yang lebih tepat guna dan bermanfaat bagi masyarakat. (warda/pranata humas)

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

icon-pelatihan-b

icon-kunjunganilmiah-b

icon-pengujianbiotek-b

icon-pembimbingan-b

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI