• biotrends17
  • pui2017bsun
  • refleksiiph
  • Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI, Dr. Bambang Sunarko (kedua dari kanan), melakukan Penandatanganan Pembinaan Pusat Unggulan Iptek (PUI) Bioteknologi Peternakan Sapi Potong dan Sapi Perah pada acara Apresiasi Lembaga Penelitian dan Pengembangan Tahun 2017 Oleh Kemenristekdikti di Gedung Kemenristekdikti, Jakarta, Rabu 13 Desember 2017.
  • Kegiatan Refleksi Akhir Tahun Kedeputian Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI yang berlangsung pada tanggal 14 Desember 2017, bertempat di Hotel Safero, Bogor.
Print

PLANT GROWTH PROMOTING RHIZOBACTERIA (PGPR) PENGHASIL EKSOPOLISAKARIDA SEBAGAI INOKULAN AREA PERTANIAN LAHAN KERING

on .

rahayuPlant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR)adalah bakteri menguntungkan yang mengolonisasi akar tanaman dan dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman dengan mekanisme yang bervariasi. Mekanisme tersebut diantaranya adalah pelarutan fosfat, menghasilkan hormon pertumbuhan IAA (indole acetic acid), ammonia, siderofor,aktivitas enzim yang dapat mendegradasi dinding sel seperti sellulase, kitinase dan protease, menghasilkan HCN dan sebagai biokontrol terhadap fitopatogen.

Penghambatan terhadap fitopatogen dapat dilakukan dengan menghasilkan komponen antibiotik, baik komponen volatil maupun non volatil (Gambar 1). Inokulasi benih cowpea dengan PGPR P. aeruginosa FP6 terbukti mampu meningkatkan germinasi benih (Gambar 2), indeks vigor,tinggi tanaman, berat basah dan berat kering tanaman dibandingkan dengan kontrol. Aktivitas PGPR yang potensial ini dapat dikembangkan sebagai pupuk hayati multifungsi yang efektif dan ramah lingkungan (Bhakthavatchalu, Shivakumar dan Sullia, 2013). Pupuk hayati (biofertilizer) adalah media yang menggunakan bahan dasar mikroba yang digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman.

Baca selengkapnya

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI

 

facebook  

twitter 

 youtube