Biovillage: Kawasan Berkonsep Zero Waste

bu enung

Dr. Enung Sri Mulyaningsih merupakan salah seorang peneliti di Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI yang dipercaya menjadi koordinator sasaran kegiatan program biovillage sejak tahun 2016. Dari program yang dirancang sampai tahun 2019 ini, terdapat harapan-harapan besar yang dititipkan pada sosok yang dikenal ramah serta cerdas ini. Berikut adalah petikan wawancara yang telah dilakukan oleh tim humas Pusat Penelitian Bioteknologi - LIPI seputar program biovillage dengan koordinator sasaran kegiatan biovillage:

Dapatkah dijelaskan mengenai deskripsi Program Biovillage?

Program biovillage adalah salah satu program unggulan LIPI dibawah kedeputian ilmu pengetahuan hayati (IPH) yang pengelolaannya berada dibawah Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI.

Program ini ingin mewujudkan suatu kawasan yang menjadi etalase hasil penelitian, khususnya dari kedeputian IPH. Kegiatannya bersifat terintegrasi untuk mewujudkan kawasan ekonomi hijau di CSC (Cibinong Science Center).

Apa sajakah hal yang mendasari lahirnya program biovillage?

Salah satu rumusan sasaran dalam strategi pembangunan nasional jangka menengah ke-3 (2015-2019) yaitu meningkatnya hasil penelitian, pengembangan dan penerapan iptek yang mendukung keberlanjutan dan peningkatan kemanfaatan sumber daya alam. Maka, untuk mendukung program nasional ini dibuatlah program biovillage yang memiliki 3 topik besar yaitu peternakan, pertanian dan pendukung (pupuk hayati dan lingkungan).

Apa saja cakupan kegiatan program biovillage?

Program biovillage mimilki 3 topic besar yaitu pertanian, peternakan dan pupuk.

Program ini dibagi dalam 6 klaster :

  1. Klaster 1 meliputi kajian produk, kelayakan usaha dan pengembangan bisnis
  2. Klaster 2 meliputi Teknik budidaya sesuai dengan model pengembangan biovillage
  3. Klaster 3 meliputi Pengelolaan kawasan kebun
  4. Klaster 4 Sistem biocyclofarming dikawasan biovillage
  5. Klaster 5 meliputi Penyelenggaraan kegiatan pelatihan, diseminasi dan promosi bidang pangan, peternakan, pupuk dan energi.
  6. Klaster 6 administrasi pendukung

Apakah tujuan yang ingin dicapai dari program biovillage ?

Program biovillage diluncurkan pada tahun 2015 dengan tujuan untuk membangun satu kawasan ekonomi hijau berbasis ilmu pengetahuan yang berkelanjutan untuk dijadikan etalase hasil penelitian baik berupa produk maupun teknologi dengan konsep zero waste. Di kawasan ini masyarakat bisa belajar, mendengarkan dan mempraktekkan hasil penelitian yang bisa diaplikasikan di tempat lain. Selain itu, kawasan ini dapat dijadikan sebagai tempat wisata edukasi dengan lingkungan yang bersih dan sehat.

Apakah harapan-harapan Ibu terhadap program biovillage ?

Program ini dimulai tahun 2015 dengan roadmap hingga tahun 2019. Kehadiran program biovillage diharapkan akan berdampak positif pada masyarakat dengan adanya alih teknologi dan peningkatan penyadartahuan masyarakat. Semoga kegiatan ini dapat tetap berjalan dengan baik di tengah ketidakpastian dana yang tersedia. Walaupun berjalan lambat dengan dana yang terbatas tapi kita semua optimis kegiatan biovillage dapat berjalan sesuai dengan perencanaan. (esti/humas/biotek)