• surya univ
  • gmo
  • ise2017
  • ise2017
  • ise2017
  • banyumulek4
  • banyumulek5
  • banyumulek
  • kakao
  • fgd
  • fgd
  • fgd
  • science sma
  • isibio
  • kunjungan
  • biotek-phapros
  • Kunjungan Universitas Surya ke Puslit Bioteknologi LIPI, Cibinong, 13 November 2017
  • Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI dalam kegiatan LIPI-NRF Exchange Program 2017, menyelenggarakan Knowledge Sharing and Workshop dengan topik" Current Status of Biosafety and GM Crops in Indonesia_Korea". Tampil sebagai pembicara, tampak dalam foto dari kiri ke kanan, Dr. Ir. M. Thohari, DEA , Dr. Chang-Gi Kim dan Anky Zannati, M.Si. Sedangkan acara dimoderatori oleh Dra. Puspita Deswina, M.Sc. Cibinong, 24 Oktober 2017.
  • Masih dalam acara Science Show pada perhelatan Indonesia Science Show (ISE) 2017, di stage B, kembali Puslit Bioteknologi menampilkan peragaan Perbanyakan Tumbuhan dengan Teknik Vegetatif.Nampak seorang peserta dipandu oleh para instruktur mencoba teknik sambung pucuk pada tanaman buah. Jakarta, 23 Oktober 2017.
  • Puslit Bioteknologi LIPI turut berpartisipasi dalam acara Science Show Pembuatan Yoghurt dan Keju Mozarella, yang merupakan rangkaian kegiatan Indonesia Science Expo (ISE) 2017. Tampak para pengunjung stage A yang umumnya pelajar dengan antusias mengikuti jalannya acara. Jakarta, 23 Oktober 2017.
  • Peresmian pembukaan acara Indonesia Science Expo (ISE) 2017, oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, yang digelar pada tanggal 23-26 Oktober 2017 bertempat di Balai Kartini, Jakarta.
  • Kunjungan dan diskusi kerja sama Techno Park Banyumulek NTB di lokasi PT Gerbang NTB Emas, mitra Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI. Mataram, 12 Oktober 2017
  • Kegiatan Praktik Kerja Lapangan Pemanfaatan Tanaman Lokal guna Bahan Tambahan Pembuatan Pupuk Organik Cair di Lokasi Agro Edu Wisata Techno Park Banyumulek, Lombok, Nusa Tenggara Barat, 10 Oktober 2017
  • Kegiatan kunjungan dan konsultasi Praktik Kerja Lapangan para Mahasiswa S1 Fakultas Peternakan Universitas Mataram ke Kawasan Agro Edu Wisata Techno Park Banyumulek Nusa Tenggara Barat, Lombok Barat, 9 Oktober 2017
  • Kegiatan dengar pendapat antara Kelompok Tani Kopi dan Kakao Desa Genggelang KLU dengan Komisi XI DPR RI, Direktorat Jenderal Perkebunan (Dirjen. Bun.) Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Medan, Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian KLU, Fakultas Pertanian Universitas Mataram dan Peneliti Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kelompok Petani Kakao ‘Bunga Mekar’, Dusun Senara, Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, KLU, pada 13 September 2017. Pada kegiatan ini, Peneliti Mikrobiologi Terapan Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI, Dr. Fahrurrozi, memaparkan kegiatan kerja sama aplikasi IPTEK fermentasi biji kakao antara Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Kabupaten Lombok Utara, NTB.
  • Foto para pembicara pada acara Knowledge Sharing and Discussion dengan Judul "Status Terkini Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi Pertanian", di Auditorium Puslit Bioteknologi LIPI-Cibinong, 8 September 2017,sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Open House Puslit Bioteknologi LIPI 6-8 September 2017.
  • Foto para pembicara pada Focus Group Discussion (FGD) dengan Judul "Workshop Peran Riset dan Kebijakan Untuk Penguatan Rantai Nilai Ekonomi Ubi Kayu Indonesia", di Auditorium Puslit Bioteknologi LIPI-Cibinong, 7 September 2017,sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Open House Puslit Bioteknologi LIPI 6-8 September 2017.
  • Foto bersama Kapuslit Bioteknologi LIPI, Dr. Ir. Bambang Sunarko bersama peserta FGD dengan Judul "Sinergi Konsorsium Kemandirian Bahan Baku Obat : Pengembangan Obat Malaria Dihidroartemisinin", di Auditorium Puslit Bioteknologi LIPI-Cibinong, 6 September 2017,sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Open House Puslit Bioteknologi LIPI 6-8 September 2017.
  • Kegiatan Science in Touch, Praktik Isolasi dan Ekstraksi DNA bagi Siswa SMA pada Science Week Fair Kedeputian Bidang IPH LIPI, Cibinong, 4 September 2017. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan bioteknologi bagi para siswa SMA sejak dini dengan cara yang menarik (fun and fearless). Terlihat peneliti bidang biologi molekuler tanaman, Dr. Wahyuni menerangkan apa itu DNA kepada para siswa dengan cara yang populer.
  • Penandatangan Nasakah Nota Kesepahaman (MoU) antara Pusat penelitian Bioteknologi-LIPI, Center for Innovation, Indonesian Institute of Sciences (PUSINOV LIPI), Kobe University, Bio-Energy Corporation, PT. Agricinal tentang Cooperation on Development and Implementation of integrated Biorefinery Technology in Indonesia, pada kegiatan International Symposium Innovative Bioproduction Indonesia 2017 (ISIBio 2017), disaksikan Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) Prof. Dr. Bambang Prasetya dan Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Prof. Dr. Enny Sudarmonowati, Bogor 27 September 2017
  • Kunjungan Direktur Perencanaan & Pengembangan PT Bio Farma (Persero), drh. Sugeng Raharjo, MM.ke booth pameran Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI dalam bazzar Science Week Fair IPH LIPI, Cibinong, 4 September 2017. Tak lupa pada kesempatan ini Bapak Direktur berfoto bersama dengan Plt. Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI, Dr. Mego Pinandito M.Eng., Kepala Bidang Pengelolaan dan Diseminasi Hasil Penelitian Puslit Bioteknologi-LIPI, Dr. Ir. Syamsidah Rahmawati, serta para peneliti senior Bidang Peternakan Puslit Bioteknologi-LIPI, Prof. Dr. Endang Tri Margawati dan Dr. Ekayanti Mulyawati Kaiin.
  • Penandatangan Naskah Non Disclosure Agreement (NDA) antara Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI dengan PT Phapros Tbk yang dilaksanakan di Cibinong, 4 September 2017. Pada kesempatan ini Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI diwakili oleh Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI, Dr. Bambang Sunarko dan PT Phapros Tbk diwakili oleh Direktur Utama, Barokah Sri Utami, M.M., Apt., serta disaksikan oleh Plt. Kepala LIPI, Prof. Dr. Bambang Subiyanto, Sekretaris Utama LIPI, Dr. Siti Nuramaliati Prijono, Deputi Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Prof. Dr. Enny Sudarmonowati, dan Kepala Pusat Inovasi LIPI, Dr. Nurul Taufiqu Rochman, M.Eng. Penandatangan NDA ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangkaian acara Science Week Fair Kedeputian Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, 4-9 September 2017.
Print

Identifikasi Molekuler Bakteri Asam Laktat dari Dadih dan Danke serta Standarisasi Produk Yogurt untuk Mendukung Proses Pengolahan Daging dan Susu

on .

Bakteri Asam Laktat (BAL) atau Lactic acid bacteria (LAB) adalah bakteri gram positif yang banyak dimanfaatkan padamakanan fermentasi. Biotechnology Culture Collection (BTCC) memiliki koleksi BAL dalam jumlah yang cukup banyak. Koleksi BAL dipreservasi secara kering beku selama hampir 20 tahun. Pada kegiatan ini, penumbuhkembali 42 isolat BAL yang diisolasi dari dadih (makanan fermentasi dari susu seperti yogurt) dan danke (makanan koagulasi susu seperti keju) telah dilakukan. Identifikasi molekuler berdasarkan analisa gen 16S rRNA menunjukkan bahwa 42 isolat diidentifikasi sebagai genusLactobacillus, Lactococcus, Enterococcus, dan Pediococcus. Analisa mutu susu yang dilakukan dengan mngembangkan metode analisa dan menggunakan alat Milko Testing mengindikasikan bahwa dua kelompok susu yang dikelola oleh 2 kelompok yang berbeda mempunyai mutu susu

Kata kunci: bakteri asam laktat, dadih, danke,gen 16S rRNA, standarisasi susu

(Peneliti: Puspita Lisdiyanti, Shanti Ratnakomala, Eko Suyanto, Miranti Nurindah Sari, dan Yantyati Widyastuti; sumber laptek 2012)

Print

Peningkatan Populasi dan Mutu Genetik Ternak Melalui Aplikasi Bioteknologi Peternakan

on .

demplotsapiIndonesia sampai saat ini masih mengimpor daging sebesar 30% dan susu 70% untuk memenuhi kebutuhan konsumsi dalam negeri. Import sapi, daging dan susu yang semakin besar untuk memenuhi kebutuhan konsumsi dalam negeri akan meningkatkan ketergantungan bangsa Indonesia terhadap bangsa lain dan dapat mengancam kedaulatan pangan bangsa. Upaya pengembangan industri peternakan yang tangguh, modern dan berkelanjutan dalam rangka meningkatkan kemandirian bangsa memenuhi kebutuhan pangan asal ternak menjadi sangat penting.

Print

Produksi Sperma dan Embrio Sapi Melalui Teknologi Reproduksi dalam Rangka Mendukung Penyediaan Ternak Sapi Unggul Nasional

on .

embrioProgram pemerintah untuk mewujudkan Swasembada Pangan Nasional 2014 perlu didukung sepenuhnya oleh seluruh komponen yang terlibat terutama dalam bidang peternakan.Peningkatan konsumsi produk pangan asal ternak khususnya ternak sapi yang semakin meningkat setiap tahunnya,memerlukan dukungan dari produksi lokal supaya tidak selalu bergantung pada produk impor.Tantangan ini tidak mudah karena saat ini impor daging, susu dansapi bakalan sangat besar, sekitar 30 persen dari kebutuhan dagingdan susu nasional. Permintaan yang tinggi terhadap produk asal ternak sapi perlu didukung dengan program peningkatan populasi ternak sapi nasional. Aplikasi teknologi reproduksi yaitu Inseminasi Buatan (IB)dan Transfer Embrio (TE) merupakan upaya dalam meningkatkan populasi ternak sapi di Indonesia.

Print

Pengembangan Silase Komplit Menggunakan Bahan Pakan Lokal untuk Meningkatkan Produktivitas Ternak Ruminansia

on .

Untuk mengatasi kelangkaan hijauan pakan pada musim tertentu, upaya preservasi hijauan dapat dilakukan dengan membuat silase. Pembuatan silase komplit perlu dikembangkan menggunakan bahan-bahan dengan pertimbangan harga, kemudahan dan ketersediaan serta nilai gizinya. Silase komplit dibuat untuk kebutuhan penelitian in vivo menggunakan 12 ekor sapi perah menggunakan Rancangan Acak Kelompok (4 perlakuan 3 ulangan). Komposisi silase komplit R1: R. gajah: konsentrat: bungkil biji matahari(45%:50%: 5%); R2: R. gajah : konsentrat : jerami padi : b. biji matahari(30%:50%:15%:5%) dan R3: R. gajah : konsentrat : pelepah sawit : b. biji matahari (30%:50%:15%:5%). Penambahan aditif berupa inokulum bakteri asam laktat (BAL) 0,5 ml per kg hjauan dan enzim kasar selulase 1 ml per kg hijauan.

Print

Formulasi Antibakteri Asal Mikroorganisme dan Tanaman untuk Pencegahan dan Pengobatan Mastitis pada Sapi

on .

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui daya hambat tanaman daun sirih (Piper betle Linn.), serai (Andropogon citratus DC) dan bawang putih (Allium sativum) serta ekstrak bakteriosin dari Lactobacillus plantarum terhadap bakteri penyebab mastitis pada sapi perah (Isolat bakteri Streptococcus aureus, Eschericia coli diperoleh dari Biotechnology Culture Collection sedangkan Staphylococcus agalactiae diperoleh dari BBalitvet.Formulasi asal tanaman dan mikroorganisme dikombinasikan dalam delapan perlakuan dengan konsentrasi 6.25%, 12.5% dan 25%.Uji sensitivitas antibakteri menggunakan metode kertas cakram menunjukkan hasil yang berbeda pada setiap bakteri uji dengan diameter zona hambat yang lebih besar pada konsentrasi yang lebih besar.

Kata kunci:mastitis, antibakteri, Formulasi, bakteri pathogen, sapi perah

(Peneliti: Nova Dilla Yanthi, Nina Herlina, Judhi Rahmat, Dewi Kartika Sari,Heni Widyowati,Erik Ferdian, Didik Tulus Subekti, Haryatun, dan Asep Muhammad Ridwanulloh; sumber: laptek 2012)

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI