Pelatihan Pembuatan Kertas Daur Ulang

Sebagai bagian limbah padat, keberadaan kertas dan plastik bekas di kawasan CSC sebagai hasil samping dari aktivitas perkantoran dan penelitian berpeluang untuk dimanfaatkan. Pengolahan kertas bekas menjadi kertas seni dan komposit plastik merupakan salah satu ide bagaimana meningkatkan nilai tambah limbah. Sebagai produk antara, kertas seni dan komposit plastik dapat menjadi input bagi produk handycraft ataupun furnitur.

Read more: Pelatihan Pembuatan Kertas Daur Ulang

Pemanfaatan Limbah Kertas

Konversi limbah kertas dan plastik menjadi produk yang bermanfaat seperti kertas seni dan komposit plastik diharapkan akan meningkatkan nilai ekonomi limbah. Teknologi sederhana dan murah ini memungkinkan untuk diadopsi masyarakat serta membuka peluang meningkatkan potensi penerapan skala lebih besar.

Read more: Pemanfaatan Limbah Kertas

Pupuk Organik Biosiklofarm CSL

 

Pupuk organik Biosiklofarm CSL berbahan baku serasah berkualitas berbagai jenis tanaman (lebih dari 100 jenis tanaman) di Kawasan Cibinong Science Center-Botanic Garden (CSC BG)-LIPI. Diproses dengan decomposer Beyonic StarTmik-LIPI yang ramah lingkungan, diperkaya dengan CSL (Corn Steep Liquor) dan mikroba unggul terseleksi penambat Nitorgen dan pelarut Fospat, mengandung unsur hara makro dan mikro lengkap yang dibutuhkan tanaman. Pupuk organik Biosiklofarm CSL diproduksi dalam beberapa tahapan meliputi proses pengumpulan limbah organik, pencacahan, fermentasi, penyaringan, pengemasan, distribusi dan aplikasi.

Read more: Pupuk Organik Biosiklofarm CSL