Pemanfaatan Limbah Kertas

Konversi limbah kertas dan plastik menjadi produk yang bermanfaat seperti kertas seni dan komposit plastik diharapkan akan meningkatkan nilai ekonomi limbah. Teknologi sederhana dan murah ini memungkinkan untuk diadopsi masyarakat serta membuka peluang meningkatkan potensi penerapan skala lebih besar.
 
Secara prinsip, pembuatan kertas seni dilakukan melalui proses daur ulang kertas bekas dengan proses repulping, deinking, pewarnaan, dan pencetakan. Sedangkan komposit plastik bisa diperoleh dengan pembuatan pelet plastik dan pencampuran dengan kertas atau material berlignoselulosa lain sebelum dilakukan pengempaan.
 
Penggunaan plastik bekas dengan campuran kertas bekas sebagai sumber selulosa diharapkan selain mengatasi masalah limbah juga dapat memiliki nilai ilmiah yang baik. Komposit plastik ini dapat dimanfaatkan untuk produk-produk furniture, sandaran kursi, alas kursi, rak sepatu dll. Walhasil dengan cara kerja yang mudah dan murah, masyarakat awam pun bisa mempraktikkannya. Jadi tunggu apa lagi? (Warda/Humas Biotek).