Pupuk Bio Mikoriza

Jamur tanah mikoriza (Vascular arbuscular Mycorrhizae) dikenal karena kemampuannya menunjang pertumbuhan tanaman. Karakteristik kehidupan simbiosa jamur mikoriza adalah mendapatkan energi hasil metabolisme tanaman sementara tanaman akan memperoleh hara nutrisi (fosfat) yang diambil dari tanah. Selain itu, tanaman akan mendapatkan unsur hara mikro lainnya dan air. Jamur mikoriza juga mempunyai kemampuan melindungi tanaman dari penyakit akar.


Berbekal pengetahuan tentang manfaat jamur mikoriza, para peneliti Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI mengembangkan teknologi pembuatan pupuk hayati berbasis jamur mikoriza. Produk akhir pupuk hasil penelitian ini diberi etiket/merek 'BIOVAM – LIPI'. Proses pembuatannya distandarisasi berdasarkan presentasi akar terinfeksi. Implementasi pupuk hayati BIOVAM-LIPI telah dilaksanakan pada berbagai tanaman dan memberikan hasil yang positif bagi pertumbuhan tanaman.


Keunggulan pupuk hayati BIOVAM-LIPI, yaitu membantu tanaman tumbuh lebih cepat dan subur, mengurangi penggunaan pupuk kimia, bahan baku ramah lingkungan, aman untuk kesehatan organik), telah diuji pada skala demplot sampai dem-area di beberapa lokasi seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Jambi. Pemberian pupuk hanya dilakukan satu kali dan aplikasi pada tanaman hutan, pangan, holtikultura.


Manfaat pupuk hayati BIOVAM-LIPI, yaitu memacu pertumbuhan bibit, meningkatkan luas permukaan akar, membantu menyerap nutrisi dan air, meningkatkan penambahan Nitrogen (N), pelarutan fosfat (P) dan Kalium (K), mempersingkat waktu semai, meningkatkan persentase tanaman yang hidup di persemaian dan lapangan, serta meningkatkan ketahanan terhadap kekeringan dan penyakit akar. (Warda/Humas Biotek)