Kebun Koleksi Hijauan Untuk Pakan Ternak

rumput pakan ternakPakan ternak merupakan faktor penting dalam memenuhi kebutuhan hidup untuk berproduksi maupun bereproduksi ternak. Pakan yang dikonsumsi harus memenuhi kebutuhan tubuh akan protein, lemak, vitamin, mineral dan air, sehingga dapat memenuhi kebutuhan hidup ternak selama 24 jam untuk produksi optimal. Pakan ternak terdiri dari komponen hijauan dan konsentrat, hijauan merupakan salah satu bahan pakan yang penting bagi ternak ruminansia sebagai sumber serat. Beberapa jenis tanaman rerumputan, leguminosa dan tanaman lain yang termasuk ke dalam sumber hijauan pakan ternak. Kebun koleksi hijauan pakan ternak dibuat untuk mengkoleksi tanaman-tanaman yang termasuk ke dalam hijauan pakan ternak sebagai bagian dari etalase peternakan sapi terpadu. Dengan adanya  kebun ini, kita dapat mengetahui secara langsung jenis-jenis tanaman yang termasuk ke dalam hijauan pakan beserta manfaat dan keunggulannya.

Read more: Kebun Koleksi Hijauan Untuk Pakan Ternak

Ragam Ubi Kayu dan Pemanfaatannya

Ubi Kayu1Ubi kayu atau juga disebut dengan singkong merupakan tanaman pangan umbi yang sering dijumpai di lahan milik masyarakat dan beragam pemanfaatannya. Umbinya dapat diolah menjadi beraneka ragam makanan, mulai dari diolah secara langsung seperti singkong rebus, singkong goreng, dan keripik sampai diolah menjadi bahan setengah jadi seperti tapioka dan menjadi makanan olahan turunan dari bahan setengah jadi tersebut. Daunnya juga dapat dimanfaatkan sebagai sayuran dan bahan pakan ternak.

Read more: Ragam Ubi Kayu dan Pemanfaatannya

Pengembangan Kebun Plasma Nutfah Pisang

Pisang 23Pisang merupakan salah satu komoditas sumber pangan alternatif karena kandungan karbohidrat dan kalorinya yang cukup tinggi. Kandungan vitamin dan mineralnya pun sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Dalam setiap buah pisang Cavendish (ukuran sedang, 126 gram) mengandung 110 kalori, 30 gram karbohidrat, 3 g serat pangan, kalium 450 mg, 19 g gula, 1 g protein, 81 IU (2%) vitamin A, 25% vitamin C, 0.3 mg (2%) zat besi. Selain itu pisang juga mengandung 0.5 mg vitamin B6, 0.3 mg mangan, 34 mg magnesium, 25.0 mcg asam folat, 0.1 mg riboflavin, 0.8 mg niacin.

Read more: Pengembangan Kebun Plasma Nutfah Pisang