Koleksi Pisang Kualitas Unggul

Buah pisang sangat populer dan mudah ditemui di sekitar kita. Berbagai ragam jenis pisang tersebar di seluruh nusantara. Namun tahukan Anda bahwa buah pisang memiliki potensi yang sangat tinggi?

Pisang dapat dijadikan pangan alternatif dan dapat diolah menjadi berbagai menu makanan. Pisang juga mengandung nutrisi yang berguna bagi kesehatan tubuh.


Mengingat tingginya potensi yang dimiliki buah pisang, peneliti LIPI tergugah untuk menggali potensi buah pisang lebih dalam. Kegiatan penggalian potensi berada di kawasan Biovillage Cibinong Science Center-Botanic Garden. Di kawasan ini telah berhasil diteliti, dikembangkan, dan dikoleksi aneka varietas pisang. Contohnya terdapat varietas tanaman pisang rejang yang memiliki keunggulan tahan terhadap penyakit layu fusarium. Selain itu, terdapat pula varietas, pisang madu yang rasanya manis. Selain buahnya manis, keunggulan pisang madu adalah buahnya tidak mudah rontok.

Kegiatan koleksi plasma nutfah pisang ditujukan agar seluruh koleksi plasma nutfah ditata dan dikelola dengan baik sehingga koleksi hasil-hasil penelitian yang sudah dicapai tidak hilang (mati karena penyakit dan hama atau dicuri), rusak, diabaikan atau bahkan lahan/kebun yang berubah fungsi, sehingga pelestarian dan pemanfaatan koleksi plasma nutfah tanaman dapat berkelanjutan dan lestari. 

Koleksi kebun plasma pisang juga dapat dimanfaatkan dan distribusikan kepada peneliti, pemulia/breeder, petani, dan hobbyis, dan dapat dimanfaatkan sebagai salah satu etalase dan sarana diseminasi hasil-hasil penelitian dan sarana edukasi serta objek agrowisata ilmiah yang dapat dimanfaatkan masyarakat umum dan stakeholder lainnya.  (Avi/Humas Biotek)