Koleksi Avokad Unggul Kaya Nutrisi

Sejak abad ke-18 buah avokad telah hadir di Indonesia. Buah yang berasal dari dataran rendah dan dataran tinggi Amerika tropis ini membawa berbagai manfaat. Selain rasanya yang lezat, buah ini berguna untuk membantu penyerapan nutrisi. Avokad memiliki kandungan nutrisi, vitamin E, protein, energi, dan lemak tidak jenuh.  Mengkonsumsi buah avokad, perut terasa lebih mudah kenyang, jadi dapat menurunkan berat badan. Avokad juga baik untuk menjaga kesehatan jantung, tekanan darah, pencegahan kanker, dan alzheimer. Namun sayangnya hingga saat ini, pohon avokad masih ditanam dalam skala kecil.



Berbagai upaya pelestarian avokad telah dilakukan. Salah satunya oleh LIPI dengan cara menanam berbagai koleksi avokad unggul di Kebun Penelitian Cibinong Science Center-Botanic Gardens (CSC-BG). Perbanyakan tanaman ini menggunakan teknik sambung pucuk. Sejak tahun 2011, LIPI telah berhasil mengkoleksi sebanyak 184 nomor. Pada tahun 2011, 2012 dan 2013 telah dilaksanakan penanaman sebanyak 2970 bibit yang berasal dari 33 nomor aksesi. Hingga saat ini koleksi tanaman avokad unggul tersebut masih dipelihara dan upaya pembibitan varietas avokad unggul juga terus dilaksanakan.

Avokad yang dihasilkan LIPI ini memiliki keunggulan baik dalam segi ukuran maupun kandungan nutrisinya, karbohidrat, lemak, protein dan energi. Pemanfaatan buah avokad ini antara lain dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman, serta dapat dipergunakan untuk bahan dasar industri kosmetik. (Avi/Humas Biotek)