Koleksi Ubi Kayu Unggul

Singkong atau ubi kayu yang bersifat mudah tumbuh dan adaptif lingkungan ini  populer di masyarakat. Hanya dengan menancapkan batang singkong di pekarangan, ia dapat tumbuh dan tidak membutuhkan waktu yang terlampau lama.

Seluruh bagian ubi kayu dapat dimanfaatkan, mulai dari batang, daun, hingga umbinya. Tanaman sumber karbohidrat yang berasal dari Amerika Selatan ini juga menjadi sumber pangan alternatif.


Namun ada yang berbeda dengan singkong yang ditanam dikawasan Biovillage Cibinong Science Center-Botanic Garden. Perbedaan ubi kayu yang ditanam di kawasan Biovillage ini seperti varietas Adira 1 dan singkong mentega,  disebabakan memiliki beberapa keunggulan dibandingkan singkong lainnya, diantaranya:

·warna kuning pada singkong mengandung beta karoten yang sangat baik untuk kesehatan mata dan protein yang tinggi tanpa fortifikasi;
·
gluten-free, jadi bisa dikonsumsi bagi penderita  alergi terhadap gluten; dan
·indeks glikemik/gula rendah, sehingga berguna bagi yang sedang ingin menurunkan berat badan dan penderita diabetes.

Singkong yang lezat ketika digoreng maupun direbus, dapat juga diolah menjadi berbagai produk olahan. Pemanfaatan singkong dapat dibuat berbagai cemilan kue, bakery, biskuit, kerupuk, bahan dasar mie, bihun, beras analog, tepung, pati (tapioka), dan tepung mocaf yang kaya beta karoten. Dengan demikian masyarakat dapat mengkonsumsi ubi kayu, serta memperoleh manfaat kesehatan didalamnya. (Avi/Humas Biotek)