HIJAUAN PAKAN TERNAK PENDUKUNG SAPI UNGGUL

HIJAUAN PAKAN TERNAK  PENDUKUNG  SAPI UNGGUL
Hijauan merupakan sumber makanan ternak terutama untuk ternak ruminansia. Selain kebutuhan pokok untuk pertumbuhan dan sumber tenaga, hijauan juga komponen penunjang produksi dan reproduksi ternak.  Jenis hijauan seperti rumput maupun kacang-kacangan (leguminosa) dalam bentuk segar atau kering wajib tersedia dalam jumlah cukup sepanjang tahun. Ketersediaannya penting karena kebutuhan pakan hijauan bagi ternak ruminansia terutama sapi mencapai 70% dari total pakan. Hijauan yang diberikan untuk ternak perlu memenuhi beberapa kriteria, disukai (palatable), mudah dicerna, nilai gizi tinggi dan dapat segera berproduksi kembali setelah dipanen. Hijauan pakan ternak dibagi kedalam dua bagian yaitu bangsa rumput-rumputan dan leguminosa (semak dan pohon).



Kebutuhan hijauan akan semakin banyak sesuai dengan bertambahnya jumlah populasi sapi yang dimiliki. Kendala utama penyediaan hijauan pakan untuk ternak adalah ketersediaan yang tidak tetap sepanjang tahun.  Pada saat musim penghujan, produksi hijauan makanan ternak akan melimpah, sebaliknya pada saat musim kemarau tingkat produksinya akan rendah, atau bahkan tidak berproduksi sama sekali.
 Melihat kendala musim ini, program Biovillage membuat model kebun budidaya koleksi hijauan pakan ternak yang berlokasi di kawasan Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI. Model budidaya hijauan pakan ternak ini dikelola dan dibuat dengan model pengaturan yang sangat baik sehingga produksi hijauan tetap terjaga walaupun dalam musim kemarau. Faktor-faktor yang harus diperhatikan untuk  mendapatkan hijauan yang memiliki kualitas dan produktivitas tinggi mencakup pemilihan lokasi, pemetaan wilayah, pengelolaan tanah, pemilihan bibit, penanaman, pemupukan, pemeliharaan, panen dan usaha–usaha untuk mempertahankan dan meningkatkan mutu pascapanen sampai hijauan dikonsumsi ternak. Faktor-faktor utama itu sangat diperhatikan pada pembuatan model kebun koleksi hijauan pakan ternak program Biovillage.

Kebun koleksi hijauan pakan ternak ini memiliki bermacam–macam koleksi hijauan unggul baik dari jenis rumput maupun leguminosa.  Diantara jenis rumput yang dibudidayakan adalah rumput gajah, rumput benggala, rumput signal dll sedangkan jenis leguminosa terdiri dari kacang arachis, koro pedang dll. Model kebun koleksi hijauan pakan ternak program Biovillage diharapkan dapat menjadi acuan bagi peternak yang ingin meningkatkan kualitas pakan hijauan guna menghasilkan sapi kualitas unggul. (esti/humas)