Notice: Constant DS already defined in E:\aamiin\plugins\content\fb_tw_plus1\fb_tw_plus1.php on line 13

Pengembangan Dan Pengelolaan Inkubator Teknologi Pengolahan Susu Sebagai Model Biovillage Di Cibinong Science Center

Kegiatan ini berfokus pada pengoperasian unit incubator pengolahan susu yang ada di Puslit Bioteknologi-LIPI yang akan menghasilkan produk susu pasteurisasi, yogurt dan keju; optimasi proses pengolahan; pemanfaatan sumber dayahayati (mikrobiolohisdanpanganlokal) dalam produkberbahan dasar susu; pengembangan produk turunan dari susu; dan pemenuhan program prasyarat dasar.

HACCP dan sistem keamanan pangan untuk menciptakan tempat pengolahan pangan dan produk pangan yang terstandar. Kegiatantahun 2016 adalah produksi susu pasteurisasi, yogurt dan keju; pembuatan panduan pengolahan pengembangan produk susu da nproduk turunan susu; pembuatan dokumen HACCP; pembuatan contoh produk;dan pemanfaatan sumberdaya mikroskopis lokal untuk mencari mikrobia yang potensial untuk dimanfaatkan pada produk susu.

Hasil kegiatan:

 yogurt1yogurt1  yogurt2yogurt2keju mozzarelakeju mozzarela
Produk hasil kegiatan Panduan pengolahan produk
 yogurt3yogurt3  susu biolactosusu biolactoyogurt biolactoyogurt biolacto
Yogurt prebiotik logo dan merk produk

Keunggulanproduk : Yogurt prebiotic mengandung bahan pangan lokal (umbi-umbiandankacang-kacangan) yang bermanfaat pada kesehatan kolon dengan menstimulasi pertumbuhan bakteri baik dan menjaga keseimbangan microflora, dengan tidak merubah sifat fisikokimia yogurt (Gunawan Priadi, Syahruddin Said, Fitri Setiyoningrum)

Additional information