Pengembangan Dan Pengelolaan Inkubator Teknologi Pengolahan Susu Sebagai Model Biovillage Di Cibinong Science Center

Kegiatan ini berfokus pada pengoperasian unit incubator pengolahan susu yang ada di Puslit Bioteknologi-LIPI yang akan menghasilkan produk susu pasteurisasi, yogurt dan keju; optimasi proses pengolahan; pemanfaatan sumber dayahayati (mikrobiolohisdanpanganlokal) dalam produkberbahan dasar susu; pengembangan produk turunan dari susu; dan pemenuhan program prasyarat dasar.

HACCP dan sistem keamanan pangan untuk menciptakan tempat pengolahan pangan dan produk pangan yang terstandar. Kegiatantahun 2016 adalah produksi susu pasteurisasi, yogurt dan keju; pembuatan panduan pengolahan pengembangan produk susu da nproduk turunan susu; pembuatan dokumen HACCP; pembuatan contoh produk;dan pemanfaatan sumberdaya mikroskopis lokal untuk mencari mikrobia yang potensial untuk dimanfaatkan pada produk susu.

Hasil kegiatan:

 yogurt1  yogurt2keju mozzarela
Produk hasil kegiatan Panduan pengolahan produk
 yogurt3  susu biolactoyogurt biolacto
Yogurt prebiotik logo dan merk produk

Keunggulanproduk : Yogurt prebiotic mengandung bahan pangan lokal (umbi-umbiandankacang-kacangan) yang bermanfaat pada kesehatan kolon dengan menstimulasi pertumbuhan bakteri baik dan menjaga keseimbangan microflora, dengan tidak merubah sifat fisikokimia yogurt (Gunawan Priadi, Syahruddin Said, Fitri Setiyoningrum)