Hidup Sehat Dengan Sayuran Organik Biovillage

Sayuran organik dibudidayakan secara alami tanpa tambahan bahan kimia. Media tanam, pupuk, pemillihan bibit, proses tanam, pemeliharaan, pembasmian hama sampai pengemasan pascapanen sama sekali tidak menggunakan bahan kimia yang notabene dapat mengganggu kesehatan. Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap kesehatan, kebutuhan akan sayuran organik pun semakin meningkat. Melihat dari media tanam dan budidayanya yang sangat alami, sayuran organik tentunya memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan sayuran yang dibudidayakan secara anorganik. Keunggulan yang dimiliki oleh sayuran organic tidak hanya berdampak terhadap kesehatan manusia tetapi juga berdampak pada lingkungan.

Keunggulan yang dimiliki diantaranya  Lebih aman dan sehat untuk dikonsumsi karena tidak mengandung residu pupuk dan pestisida kimia sintetis.  Kelestarian lingkungan dan kesuburan tanah tetap terpelihara karena tidak menggunakan pupuk kimia sintetis yang dapat merusak tanah.  Mempunyai nilai ekonomi yang lebih tinggi dibandingkan dengan sayuran yang ditanam secara konvensional karena harga jual yang tinggi dipasaran Menjawab kebutuhan ini, Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI melalui program biovillage membudidayakan sayuran yang dapat diklaim 100% organik karena 

Menggunakan kompos berbahan baku serasah tanaman, baglog jamur dan kotoran sapi  Menggunakan pupuk organik hayati (POH) hasil penerapan mikroba unggulan  Menggunakan pestisida alami berbahan baku tanaman Aneka ragam sayuran organik telah dibudidayakan. Diantaranya cabe, tomat, kembang kol, pare, kol gepeng, terong dll. Walaupun dibudidayakan dirumah kasa yang tidak terlalu besar tapi hasil panen sayuran organik, namun sudah bisa dipanen. Pengunjung pun bisa menikmati hasil panen. Pengunjung yang datang sangat bervariasi mulai dari siswa-siswi sekolah, instansi pemerintah, perusahaan swasta sampai masyarakat umum. Mereka belajar cara membudidayakan sayuran organik yang benar diantaranya penyiapan media tanam, menyemai bibit, perawatan tanaman sampai cara panen yang benar. Teknik-teknik yang digunakan efisien, efektif dan tepat guna sehingga sangat mudah untuk dipelajari dan diaplikasikan dilingkungan masing-masing. (esti/humas).