Mudahnya Budidaya Jamur Pangan

 

Sejak tahun 1970-an budidaya jamur pangan (edible mushroom), banyak diminati dan berkembang pesat di Indonesia.Mudahnya penerapan budidaya jamur pangan ini, menjadi daya tarik tersendiri, baik untuk usaha kecil, menengah maupun industri. Meskipun demikian satu hal terpenting dalam melakukan budidaya jamur pangan yaitu kebersihan sehingga ramah lingkungan. Demikian juga praktik yang diterapkan di Kawasan Biovillage Cibinong Science Center-Botanic Garden (CSC-BG).



Beberapa jenis jamur pangan yang dikenal dipasaran diantaranya, jamur tiram putih, tiram pink, tiram coklat, tiram biru, tiram kuning, tiram merah, dan king oyster. Jamur pangan, selain mempunyai cita rasa yang lezat,  juga memiliki keunggulan pada kandungan gizinya yang tinggi. Di kawasan CSC-BG, budidaya jamur pangan dilakukan dengan memanfaatkan limbah organik untuk media tanam, serta pupuk organik, sehingga ramah lingkungan.  

Hadirnya budidaya jamur pangan yang efisien, efektif dan tepat guna tentunya dapat menggugah masyarakat untuk berkecimpung di bidang agribisnis. Pemanfaatan jamur pangan ini dapat diolah menjadi berbagai produk olahan yang sangat digemari masyarakat antara lain untuk bahan dasar bakso, kripik dan nugget. (Avi/Humas Biotek)