• pembimbingan
  • icon-pembimbingan-b
  • Pembimbingan Penelitian Mahasiswa oleh Puslit Bioteknologi LIPI
  • Pembimbingan Penelitian Mahasiswa oleh Puslit Bioteknologi LIPI
Print

Pertumbuhan Kultur Tunas Talas Semir (Colocasia Esculenta L.) Poliploid Pada Medium Perbanyakan : Laporan Kerja Praktek 2018

talas semirLembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia mempunyai Laboratorium Biak Sel dan Jaringan Tanaman yang merupakan salah satu laboratorium yang bergerak dalam bidang bioteknologi dan salah satu tujuannya adalah mengembangkan bibit menjadi unggul seperti pada talas semir. Tujuan mahasiswa untuk melaksanakan Kerja Praktik adalah menambah wawasan dan keterampilan mahasiswa untuk memasuki dunia kerja, mengetahui pertumbuhan plantlet talas semir di media perbanyakan Murashige dan Skoog dengan penambahan hormon BAP 1 mg/l, tiamin 1 mg/l, dan adenin 2 mg/l, serta mengetahui perbanyakan talas semir yang paling baik tumbuh dalam media perbanyakan.

Talas semir merupakan tumbuhan yang dibudidayakan di Indonesia karena dapat tumbuh di daerah beriklim tropis dan tidak memerlukan pengairan. Talas banyak ditumbuhkan karena fungsinya sebagai bahan makanan dan kosmetik serta plastik. Tahapan yang dilakukan saat Kerja Praktik antara lain pembuatan media perbanyakan Murashige dan Skoog dengan penambahan hormon BAP 1 mg/l, tiamin 1 mg/l, dan adenin 2 mg/l, subkultur talas semir lain diploid S1-1-2-1, diploid S1-1-2-2, miksoploid S1-1-1-2, dan tetraploid S1-2-3-2; serta pengukuran parameter pertumbuhan talas semir berupa banyak anakan, panjang petiol, banyak daun, dan banyak akar. Hasil menunjukkan talas semir diploid S1-1-2-2 mempunyai pertumbuhan yang paling stabil diantara talas semir yang diamati pertumbuhannya berdasarkan parameter jumlah anakan, panjang petiol, dan jumlah daun. (Pauline Nathania / Pembimbing : Dr. Exsyupransia Mursyanti, M.Si & Aida Wulansari, M.Si.)

UrL: http://perpus.biotek.lipi.go.id/index.php?p=show_detail&id=15921&keywords=

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

kunjungan

pelatihan

pembimbingan

pengujian

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI