Kegiatan Riset

Ekspresi Gen PDC Penyandi Enzim Pyruvate Decarboxylase pada Lactobacillus Pentosus untuk Produksi Et

Dalam rangka memproduksi bioetanol berbasis selulosa dengan efisien, sedang dilakukan rekayasa Lactobacillus pentosus dengan cara menginsersi cassette homologous recombinant yang mengandung promoter xylR, gen pdc dan adhB untuk menginaktifkan gen ldh. Pada tahun 2007, telah dilakukan karakterisasi L. pentosus, kloning gen pdc dari Zymomonas mobilis dan ditingkatkan toleransi strain terhadap etanol hingga 5%.
Budi Saksono, Elvi Yetti, Lita Triratna, Puspita Suci Wulandari, Dewi Fitriani, Agitya Putra Kusuma, dan Gunawan Ari Wibowo
 
Pusat Penelitian Bioteknologi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)
Jl. Raya Bogor Km. 46, Cibinong 16911, Indonesia
E-mail: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

ABSTRAK
Dalam rangka memproduksi bioetanol berbasis selulosa dengan efisien, sedang dilakukan rekayasa Lactobacillus pentosus dengan cara menginsersi cassette homologous recombinant yang mengandung promoter xylR, gen pdc dan adhB untuk menginaktifkan gen ldh. Pada tahun 2007, telah dilakukan karakterisasi L. pentosus, kloning gen pdc dari Zymomonas mobilis dan ditingkatkan toleransi strain terhadap etanol hingga 5%. Pada tahun 2008 telah dikloning gen adhB dari Z. mobilis dan D-ldh dari L. plantarum. Telah didapatkan PCR produk adhB dan D-ldh dengan besar masing masing 1290 dan 1059 bp. Kedua produk PCR adalah gen adhB dan D-ldh yang telah dikonfirmasi dengan hasil DNA sekuen. Pada gen adhB, terdapat mutasi Phenylalanine (F) menjadi Leucine (L) pada asam amino ke-247, atau Q247E. Analisa struktur protein menunjukkan bahwa terjadi perubahan jarak interaksi hidrogen antara G247E dengan A142 dan G143, yang kemungkinan akan berpengaruh pada struktur dan aktifitas enzim alcohol dehydrogenase tersebut. Karakterisasi enzim dibutuhkan untuk memprediksi dampak mutasi pada etanol produksi. Adapun untuk etanol toleransi, belum mendapatkan strain yang toleran terhadap etanol 7%. Untuk lebih mengefisiensikan koleksi mutan yang toleran terhadap etanol dan memiliki daya konversi glukosa, telah berhasil dikembangkan media seleksi yang mampu menyeleksi strain target. Diharapkan metoda ini bisa membantu kesuksesan penelitian berikutnya.
 
Kata kunci: Lactobacillus pentosus, gen pyruvate decarboxylase, Bioetanol, Rekayasa Metabolis

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI