Kegiatan Riset

Akreditasi Dan Sertifikasi Laboratorium Pengujian Bioteknologi Pusat Penelitian Bioteknologi-Lipi

untitled-1_02

Perubahan yang cepat dan mendasar terjadi dalam kehidupan di segala bidang dan menuntut meningkatnya persaingan di pasar global yang berpengaruh terhadap penetapan standard mutu barang dan jasa. Salah satu standard mutu laboratorium pengujian dan kalibrasi yang berlaku saat ini adalah SNI ISO/IEC 17025:2008. Tuntutan informasi teknis dari setiap produk yang diperdagangkan menuntut laboratorium penguji dan kalibrasi untuk meningkatkan kompetensi dan kepercayaan terhadap hasil uji yang akurat dan absah. Peningkatan pengguna Sistem Manajemen Mutu secara umum telah menuntut kebutuhan untuk menjamin bahwa laboratorium yang dimiliki oleh suatu organisasi atau institusi adalah laboratorium kompeten dalam bidang pengujian dan relevan dengan lingkup pengujian berdasarkan Sistem Standardisasi Nasional (SSN). Akreditasi dan sertifikasi termasuk dalam lingkup kegiatan SSN. Persyartan akreditasi terdiri dari Dokumen Sistem Manajemen Mutu 5 level, Implementasi sistem Manajemen Mutu, Audit Internal, Kaji Ulang Manajemen, Tindakan Perbaikan, dan Uji profiensi telah dilakukan di Laboratorium Pengujian Bioteknologi (LPB) Puslit Bioteknologi-LIPI yang disesuaikan dengan SNI ISO/IEC 17025:2008.

Kegiatan ini memberikan kompetensi LPB dalam mendorong peningkatan jaminan kualitas pengujian khususnya lingkup pengujian mikrobiologi yang absah dan akurat serta mengarah pada peningkatan kepuasan customer. Pengajuan akreditasi dan sertifikasi dilakukan dengan mendaftarkan LPB ke Komite Akreditasi Nasional dan menyerahkan dokumen Sistem Manajemen Mutu level I dan II sebagai persyaratan pendaftaran akreditasi.

Kata kunci: akreditasi, sertifikasi, sistem manajemen mutu

Koordinator kegiatan : Roni Ridwan, Yantyati Widyastuti, Partomuan Simanjuntak, Judhi Rachmat, Rohmatussolihat, Fahrurrozi, dan Bustanussalam

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI