Kegiatan Riset

Pengembangan Padi Toleran Kekeringan Melalui Overekspresi Faktor Transkripsi OsHox6 dan Promoter Terinduksi Kekeringan OsLEA3

paditrans1Kekeringan adalah salah satu faktor abiotik yang menghambat pertumbuhan dan produksi tanaman padi. Sejumlah gen yang bertanggungjawab pada sifat toleran kekeringan telah diidentifikasi. Gen OsHox6 adalah protein faktor transkripsi homeodomain leucine zipper (HD-Zip) dari sub-famili I.Protein ini diduga berperan penting dalam mekanisme toleran kekeringan pada tanaman padi. Untuk mempelajari fungsi gen OsHox6 maka gen OsHox6 dioverekspresikan pada tanaman padi.

Gen OsHox6 yang dikendalikan oleh promoter terinduksi kekeringan OsLEA3 telah ditansformasi ke dalam genom dua varietas padi yaitu IR64 Sub1 dan Batutegi. Pada tahun anggaran 2012 kegiatan difokuskan untuk mengetahui ekspresi gen OsHox6 pada tanaman transgenik terpilih menggunakan qRT-PCR, mempelajari respon tanaman transgenik terhadap kekeringan, dan pengamatan agronomi di Fasilitas Uji Terbatas. Expresi OsHox6 meningkat pada galur IR64 Sub1T3.S19-40-3, T3.S23-190-1, S29-62-2, S.40.4-158-1, dan pada Batutegi II-2A.Sebaliknya, ekspresi OsHox6 lebih rendah dari kontrol tipe liarnya pada dua galur, yaitu batutegi III-1A dan II-4A. Penampilan tanaman yang mengoverekspresikan Oshox6 lebih pendek, anakan lebih banyak dan lebih lambat berbunga.Tingkat toleransi tanaman transgenik dievaluasi dengan melihat index toleran kekeringan (DRI) dari masing-masing galur.DRI biomassa dan hasil semua galur transgenik meningkat dibandingkan dengan padi yang tidak ditransformasi. Namun persen kehampaan juga tinggi. Penurunan ekspresi OsHox6 pada batutegi berpengaruh negatif bagi DRI.

Kata Kunci: Toleran kekeringan, overekspressi, OsHox6, OsLEA3

(Peneliti: Syamsidah Rahmawati, Chairunisa, dan Anky Zannati; sumber : laptek 2012)

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI