Kegiatan Riset

Pengembangan Model Agribisnis Peternakan Sapi Perah Moderen Dalam Upaya Peningkatan Produksi dan Kualitas Susu Nasional

sapisusuUntuk mendukung program agribisnis persusuan nasional beberapa fasilitas sarana penelitian yang dibangun di Puslit Bioteknologi LIPI meliputi produksi bibit, pakan, alat laboratorium dan mesin prosessing susu dan kesehatan ternak. Ketersediaan bibit sapi perah dilakukan dengan pengadaan sapi dari luar maupun dengan mengadakan seleksi berdasarkan produksi susu dan performans sapi perah nasional. Selain itu penyediaan bibit sapi perah terus dilakukan melalui kegiatan penelitian dan pengembangan seperti IB dan TE untuk meningkatkan mutu genetic sapi perah termasuk menggunakan sexing sperma untuk IB. Ketersediaan pakan sapi perah yang cukup dan berkualitas terus dilakukan untuk mendukung peningkatan produksi susu.

Pelaksanaan budidaya sapi perah terus dilakukan dengan mengikuti Good Farming Practices, Good Breeding practices dan Good Health Practices. Namun upaya tersebut mengalami kendala karena jumlah sapi perah yang dipelihara masih terbatas sekitar 28 ekor dengan produksi susu berkisar 8-10 liter/hari/ekor. Pelaksanaan panen, pasca panen dan pengolahan susu cenderung membaik dengan mengikuti ketentuan kesehatan masyarakat veteriner. Hal ini terlihat dengan kualitas produksi susu segar yang ditunjukkan dengan nilai Total Plate Count (TPC) dan total solid sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Berbagai upaya terus dilakukan untuk meningkatkan kualitas ternak sapi perah, penanganan panen dan pasca panen (prosessing), dengan perbaikan sarana prasarana produksi susu mulai dari hulu, onfarm dan hilir (pemasaran).

Kata kunci: agribisnis, sapi perah, peningkatan produksi, kualitas susu

 (Peneliti: Baharuddin Tappa, Taryadi Rachmat,Handrie, Muh. Watman, Yulia Sekar Sari, dan Upik Kurota Aini; sumber laptek 2012)This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.">

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI