Pupuk Bio-Vam LIPI

brosur-biovamPupuk BIO-VAM LIPI yaitu jamur mikoriza yang hidup bersimbiosa dengan perakaran tanaman. Manfaat pupuk hayati BIO VAM dapat memacu pertumbuhan bibit tanaman, meningkatkan luas permukaan akar untuk penyerapan nutrisi dan air, meningkatkan ketahanan terhadap stress air, mengurangi penggunaan pupuk kimia dan aplikasi hanya dilakukan satu kali.
Beberapa tanaman yang dipilih dalam kegiatan ini menjadi tanaman yang akan digunakan nantinya untuk membuat model hutan kota atau program penghijauan. Program LIPI ini dapat diadopsi oleh seluruh masyarakat Indonesia guna membantu program penghijauan.

Info lebih lanjut lihat Brosur: PDF

BIOPOSKA : Kompos Organik

bioposka

Keunggulan:

Diolah dari bahan organik murni limbah biomasa tumbuhan di kawasan CSC-BG

Diperkaya dengan mikroba unggul penambat Nitrogen dan pelarut Fospat

Mengandung unsur hara makro dan mikro lengkap yang dibutuhkan tanaman

Diproses dengan decomposer "Beyonic StarTmik-LIPI" yang ramah lingkungan

Kompos yang dihasilkan bebas dari patogen, hama penyakit, gulma, dan material non organik

Info lebih lanjut lihat Brosur : PDF

Bibit Avokad Unggul Terseleksi Dari Jawa Barat

bibit-advokad Bibit hasil perbanyakan tanaman avokad dilakukan dengan cara sambung pucuk menggunakan batang atas varietas avokad terseleksi dan batang bawah bibit asal semai biji. Bibit ini merupakan pengembangan varietas-varietas berbuah unggul untuk ketersediaan sepanjang tahun dari Jawa Barat.

Brosur terkait : PDF

 

Bibit Jamur Pangan

jamurProduksi jamur pangan (edible mushroom) merupakan salah satu komoditas pertanian yang akhir-akhir ini berkembang dengan pesat. Salah satu jenis jamur yang banyak dibudidayakan di Indonesia adalah jamur tiram (Pleurotus sp.). Jenis jamur ini dikenal memiliki gizi yang tinggi, mudah dibudidayakan dan mudah pemasarannya. Budidaya jamur tiram dapat dilakukan dalam berbagai tingkatan dari industri rumahan, menengah, maupun industri dengan modal yang lebih besar.

Sebenarnya jamur pangan yang selama ini kita konsumsi adalah tubuh buah dari jamur yang merupakan salah satu fase dalam siklus hidupnya. Jamur yang menghasilkan tubuh buah biasanya termasuk dalam kelas Basidiomietes. Jamur pangan biasanya bersifat saprofit yaitu memperoleh makanan melalui sisa-sisa bahan organik (non-living organic material). Jamur jenis ini memproduksi beberapa jenis extracellular enzyme yang dapat mendegradasi senyawa komplek ignoselulosa menjadi senyawa sederhana untuk dijadikan sebagai sumber nutrisi. Enzim-enzim tersebut diantaranya adalah selulase, xylanase, phenoloxidase, laccase, dan sebagainya. Beberapa jenis jamur tiram yang dikenal di pasaran adalah jamur tiram putih (P. ostreatus), tiram coklat (P. cystidiosus), tiram merah (P. flabellatus), king oyster (P. eryngii).