Print

Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Layanan Pelatihan Bulan Januari - Juni 2018

Indeks kepuasan pelayanan

Pusat penelitian Bioteknologi-LIPI 2018

Pengukuran kepuasan masyarakat perlu dilakukan sesuai dengan keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang pedoman umum penyusunan indeks  kepuasan masyarakat unit pelayanan Instansi Pemerintah.  Kegiatan ini dilakukan pada tahun 2018 melalui survey indeks kepuasan masyarakat. Keseluruhan kuesioner dapat terisi dengan baik sehingga dapat dioleh dan dianalisis lebih lanjut. Sebagaimana diketahui bahwa kategorisasi mutu pelayanan adalah sebagai berikut.

Tabel 1

Kategorisasi Mutu Pelayanan

Nilai Interval IKM Nilai Interval Konversi IKM Mutu Pelayanan Kinerja Unit Pelayanan
1,00 – 1,75 25,00 – 43,75 D TIDAK BAIK
1,76 – 2,50 43,75 – 62,50 C KURANG BAIK
2,51 – 3,25 62,51 – 81,25 B BAIK
3,26 – 4,00 81,26 - 100 A SANGAT BAIK

Rata-rata nilai dari suatu unsur pelayanan menunjukkan penilaian masyarakat terhadap unsur pelayanan tersebut. Berdasarkan hasil pengolahan terhadap kuessioner nilai rata-rata masing-masing unsur pelayanan adalah sebagai berikut:

Indeks kepuasan pelayanan pelatihan

Pusat penelitian Bioteknologi-LIPI

Periode Januari-Juni 2018

No Unsur Pelayanan Nilai Unsur Pelayanan
1 Prosedur pelayanan 3
2 Persyaratan pelayanan 3.07
3 Kejelasan petugas pelayanan 3.14
4 Kedisiplinan petugas pelayanan 3.21
5 Tanggung jawab petugas pelayanan 3.21
6 Kemampuan petugas pelayanan 3.29
7 Kecepatan pelayanan 3.14
8 Keadilan mendapatkan pelayanan 3.29
9 Kesopanan dan keramahan petugas 3.43
10 Kewajaran biaya pelayanan 3.14
11 Kepastian biaya pelayanan 3.14
12 Kepastian jadwal pelayanan 3
13 Kenyamanan lingkungan 2.86
14 Kenyamanan pelayanan 3.21

Indeks unit pelayanan 3,11

  1. Nilai IKM ……………… 77,75
  2. Mutu Pelayanan------------- B
  3. Kinerja unit Pelayanan------Baik

Pelayanan pelatihan yang dilakukan selama tahun 2018 periode Bulan Januari-Juni oleh Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI dinilai baik dari hasil pengolahan kuisioner.

Peningkatan layanan perlu dilakukan pada unsur Kenyamanan Lingkungan

Unsur-unsur yang lain dinilai Baik dan perlu ditingkatkan ke penilaian Sangat Baik.

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI