• pembimbingan
  • icon-pembimbingan-b
  • Pembimbingan Penelitian Mahasiswa oleh Puslit Bioteknologi LIPI
  • Pembimbingan Penelitian Mahasiswa oleh Puslit Bioteknologi LIPI

SOP Pembimbingan Puslit Bioteknologi LIPI

SOP Pembimbingan Puslit Bioteknologi LIPI:
  1. Pemohon menghubungi petugas layanan bimbingan baik secara langsung melalui telepon atau email. Petugas layanan memberikan arahan terkait mekanisme pembimbingan. 

  2. Pemohon berkomunikasi dengan calon pembimbing. Jika Pembimbing bersedia, silahkan meminta pembimbing tersebut untuk mengisi Formulir Persetujuan Pembimbingan dengan mengetiknya secara langsung pada formulir tersebut. Maksimal jumlah total mahasiswa yang di bimbing  [Penelitian + PKL] adalah 4 orang dalam 1 periode. Daftar pembimbing dan kegiatannya dapat dilihat halaman Judul Kegiatan.

  3. Proses meminta kesediaan pembimbing bisa dilakukan melalui tatap muka dengan membuat janji sebelumnya. untuk membuat janji bisa dilakukan melalui email ataupun telepon 021-875-4587 dan minta dihubungkan ke pembimbing yang dimaksud. Jika ada masalah jarak karena lokasi pemohon cukup jauh dari kantor kami, maka bisa dilakukan dengan email maupun telepon. Kesediaan membimbing adalah hak sepenuhnya pembimbing.

  4. Pemohon melalui institusinya mengajukan surat permohonan pembimbingan yang harus memuat keterangan berupa; Nama Mahasiswa, Jangka Waktu Kegiatan, Nama Pembimbing dari Puslit Bioteknologi LIPI dan Judul Kegiatan. Surat permohonan pembimbingan ditujukan kepada Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI. Serta mengirimkan formulir kesediaan membimbing yang telah di isi sebagai Lampirannya. 

  5. Surat permohonan bisa dikirimkan  secara langsung (diserahkan ke sekretariat pimpinan), via pos maupun via fax di 0218754588.

  6. Setelah mendapatkan surat balasan, pemohon harus membuat Surat Perjanjian Kerja Penelitian Mahasiswa (FR-7.5-2-2 Perjanjian Bimbingan Teknis) dan mengetiknya secara langsung pada form tersebut. Dokumen harus ditanda tangani di atas materai 6000. Kolom Pembimbing I untuk pembimbing di tempat kami dan Kolom Pembimbing II untuk tanda tangan pembimbing dari kampus atau sekolah. Dokumen wajib diserahkan pada hari pertama pelaksanaan kegiatan ke petugas pembimbingan (Ibu Avi) di kantor Diseminasi dan Kerjasama Puslit Bioteknologi LIPI.

  7. Sebelum proses pembimbingan dimulai, pemohon diwajibkan melapor ke petugas layanan dengan membawa Transkrip Nilai Resmi dari universitas dan Pas Photo Berwarna ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar serta menunjukkan Bukti Pembayaran PNBP sesuai dengan lama waktu pembimbingan. dan Petugas layanan akan memberikan ID Card pembimbingan.

  8. Selama kegiatan pembimbingan, peserta pembimbingan wajib mengenakan ID Card yang disediakan di Sub Bidang Diseminasi dan Kerjasama Puslit Bioteknologi - LIPI. Atas kerusakan alat yang terjadi selama penelitian yang disebabkan oleh kelalaian bimbingan yang bersangkutan, biaya perbaikan menjadi tanggung jawab bimbingan yang bersangkutan. Wajib memberikan 1 (satu) fotocopy dari Thesis/Skripsi/Laporan Akhir kepada Perpustakaan Puslit Bioteknologi LIPI.

  9. Maksimal 2 minggu sebelum kegiatan pembimbingan selesai, Mahasiswa wajib melapor ke petugas layanan dengan membawa formulir (P2BIOTEK/FR/DK/7.5-2-5 Keterangan Telah Melakukan Kegiatan Pembimbingan) yang telah diketik secara langsung dan disetujui oleh pembimbing untuk kemudian diserahkan ke petugas layanan.

  10. Setelah selesai kegiatan pembimbingan, Pemohon bisa mengambil Sertifikat Pembimbingan dan mengembalikan ID Card pembimbingan ke petugas layanan.

 
Untuk Mendapatkan Informasi Lebih Lanjut Mengenai Informasi Pembimbingan
Hubungi Sub Bidang Diseminasi dan Kerjasama
Pusat Penelitian Bioteknologi - LIPI
 
Telp: 021 - 879 051 52
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.; [Kirim Email ]

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

kunjungan

pelatihan

pembimbingan

pengujian

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI