Print

Hasil Penelitian Pusat Dipamerkan dan Ekspose di LIPI Cibinong

expo

BOGOR – Pusat Penelitian Biologi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyelenggarakan kegiatan ekspose hasil-hasil penelitian di bidang biologi sebagai rangkaian dari Bioresource science Week Fair, Open House Kedeputian Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati (IPH).

Kegiatan ekspose ini berlangsung pada 29 Agustus hingga 8 September 2017. Beberapa kegiatan utama dalam ekspose tersebut adalah ekspose dalam bentuk bazar science, Multi-stakeholder Participatory Seminar, dan berbagai macam pelatihan. Ekspose ini mengusung tema “50 Tahun Peran Pusat Penelitian Biologi dalam Pengungkapan dan Pemanfaatan Keanekaragaman Hayati Indonesia secara Berkelanjutan untuk Kesejahteraan Bangsa.”

Kepala Pusat Penelitian Biologi LIPI, Witjaksono mengungkapkan, ekspose tersebut mengambil tiga konsep dari peringatan 50 tahun LlPI yakni Science For Science, Science For Stakeholder dan Science For Community. Tujuannya, yakni untuk lebih mengenalkan peran salah satu satuan kerja LIPI kepada masyarakat.

“Kegiatan itu membidik sasaran peserta yaitu kalangan ilmuwan, akedimisi, para pemangku kebijakan (stakeholder) hingga masyarakat luas pada umumnya,” katanya saat konferensi pers, Selasa (5/9/2017).

expo1b

 

Adapun kegiatan ekspose sendiri terdiri dari Ekspose Bazaar Science yang diselenggarakan 4-6 September 2017 di halaman Gedung Diseminasi Iptek Pusat Penelitian Biologi LIPI, kawasan Cibinong Center-Botanical Garden (CSC-BG). Kegiatan ini merupakan pameran penelitian yang dikemas dalam format bazaar yang menampilkan kegiatan dan hasil penelitian Puslit Biologi LIPI. Sebanyak 47 booth pameran berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Kemudian, ada pula Multi-stakeholder Participatory Seminar. Seminar ini dikemas dalam bentuk diskusi panel terarah. Beberapa panelis diundang untuk berbicara mengenai peran dan kiprah Pusat Penelitian Biologi LIPI selama 50 tahun terakhir dan memberikan analisa, masukan, serta harapannya untuk pengembangan bidang biologi di masa depan.

Selain itu, ada juga berbagai macam pelatihan yang diselenggarakan dari 29 Agustus hingga 8 September 2017. Beberapa pelatihan itu, antara lain Pelatihan Budidaya Lebah Trigona (5 September 2017), Lomba Identifikasi Flora (5 September 2017), Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Hayati (7 September 2017) dan Pelatihan Manajemen Herbarium (7-8 September 2017). Selain pelatihan, terdapat pula kegiatan donor darah yang akan dilaksanakan pada 7-8 September 2017 mendatang.

Laporan : Herry Priatna

Sumber: http://lensanews.co.id/hasil-penelitian-pusat-dipamerkan-dan-ekspose-di-lipi-cibinong/

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI