Print

LIPI Kembangkan Super Mikroba Penghasil Biofuel

lab

Oleh: Ari Supriyanti Rikin / FER | Rabu, 27 September 2017 | 21:10 WIB

Bogor - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengembangkan super mikroba dengan rekayasa genetika guna menghasilkan energi alternatif. Potensi mikroba lokal Indonesia sendiri dinilai sangat besar untuk dijadikan pendukung teknologi proses (biorefeneri).  Manajer Proyek Biorefeneri yang juga peneliti Pusat Bioteknologi LIPI, Yopi mengatakan, dengan rekayasa genetika bisa menyeleksi 1 sampai 2 dari sekitar 2.000 mikroba lokal. Mikroba hasil seleksi itu dari kelompok Aktinomisetes dipastikan mampu memproduksi enzim yang bagus.  Dalam proses biorefeneri, biomassa membutuhkan mikroba untuk menguraikannya. Super mikroba digunakan menghasilkan enzim yang nanti dipakai untuk menghasilkan biofuel atau turunan lainnya.  "Brasil sukses membuat bioetanol dari pati dengan fermentasi mikroba.

Untuk di Indonesia, pati mahal dan bersaing dengan pangan. Kita cari sumber biomassa yang tidak dipakai untuk pangan seperti limbah pohon," kata Yopi di sela-sela Internasional Simposium on Innovative Bioproduction Indonesia di Bogor, Rabu (27/9).  Yopi menuturkan, industri kelapa sawit, tebu menghasilkan sisa-sisa daun, tandan kosong dan batang. Struktur serat dari berbagai bahan tadi perlu dihancurkan dengan kemampuan mikroba dengan proses kimia dan reaksi lainnya.  "Di kita biomassa tersedia. Jepang bilang biomassa ini minyak mentah masa depan," ujarnya.  LIPI menargetkan di tahun 2018, pilot plan dengan super mikroba bisa memproduksi etanol 50 gram per liter, saat ini baru berkisar 30 gram hingga 40 gram per liter.  Yopi mengungkapkan, biorefeneri ini menghasilkan produk bioetanol.

Namun jika tidak kompetitif, ditargetkan ke biokatalis yang bisa menghasilkan enzim yang digunakan ke berbagai kebutuhan. Biokatalis ini digunakan oleh industri tekstil, pulp dan industri pangan.  "Target kita untuk enzim non pangan. Salah satunya enzim dari mikroba ini juga bisa dipakai untuk mengurai limbah," ucapnya.   

Sumber: Suara Pembaruan

URL: http://www.beritasatu.com/nasional/454988-lipi-kembangkan-super-mikroba-penghasil-biofuel.html

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI