Print

Dikunjungi Komisi VII DPR RI, LIPI Minta Anggaran Penelitian Ditambah

Komisi VII DPR RI, Nawafie Saleh dan Ivan Doly Gultom saat melakukan kunjungan kerja ke LIPI Cibinong, Kabupaten Bogor Rabu (28/2/2018)

komisi8TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Komisi VII DPR RI melakukan kunjungan kerja ke kawasan LIPI di Cibinong Science Center-Botanical Garden (CSC-BG) Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (28/2/2018).

Kedua politisi dari partai Golkar itu yakni Nawafie Saleh dan Ivan Doly Gultom sempat mengunjungi sejumlah tempat yang berada di kawasan LIPI Cibinong, Kabupaten Bogor.

Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Enny Sudarmonowati mengatakan, kunjungfan kerja itu merupakan kelanjutan kegiatan diseminasi iptek yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Enny menambahkan, kedatangan kedua wakil rakyat itu diharapkan membawa angin segar bagi LIPI untuk lebih mengembangan penelitiannya kedepan.

Kendati demikian, sambung dia, dalam sebuah penelitian diperlukan anggaran yang tidak sedikit sehingga agar penelitian itu bisa berjalan secara maksimal.

"Anggaran yang diberikan pemerintah ini masih sangat kurang untuk penelitian, sehingga kami berharap ada dorongan dari DPR untuk menambahkan anggaran," ujarnya, Rabu (28/2/2018)

Terkait kunker kali ini, Enny berharap lagi bahwa para anggota DPR mampu mencermati berbagai hasil penelitian dan membantu dalam penerapannya ke masyarakat dalam hal mendorong kebijakan dari pemerintah. LIPI pun memiliki beragam hasil penelitian dari sektor hayati, kebumian, teknik, kebumian (kelautan), hingga jasa ilmiah.

Ia melanjutkan, pihaknya sudah seringkali mengajukan adanya kenaikan anggaran kepada pemerintah untuk LIPI yang bisa digunakan untuk penelitian.

"Saat ini baru mencapai Rp 1,2 Triliun, makannya kami berharap kunjungan kerja ini mampu menyebarluaskan dan mendekatkan hasil penelitian LIPI kepada para pemangku kepentingan, terutama para anggota DPR," tambahnya.

Sementera itu, Komisi VII DPR, Nawafie Saleh mengakui jika saat ini pemerintah belum memberikan perhatiannya secara penuh kepada LIPI.

"Pemerintah belum melirik dengan anggaran yang memadai," kata dia.

Hal senada dikatakan, Ivan Doly Gultom anggota Komisi VII yang juga hadir dalam acara tersebut.

Menurut Ivan, Penelitian bukanlah menghabis-habiskan anggaran pemerintah, sebab penelitian memang dibutuhkan sebagai pengembangan sumberdaya melalui ilmu pengetahuan.

"Bahkan sosialisasinya perlu digencarkan lagi," tandasnya. (Damanhuri)

Sumber: http://bogor.tribunnews.com/2018/02/28/dikunjungi-komisi-vii-dpr-ri-lipi-minta-anggaran-penelitian-ditambah

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI