Komisi VIII DPR tinjau penelitian pertanian-kehutanan LIPI

Rabu, 28 Februari 2018 11:33

gedunglipiKomisi VIII DPR melakukan kunjungan kerja ke Cibinong Science Center-Botanical Garden (CSC-BG) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, untuk meninjau hasil penelitian di bidang pertanian dan kehutanan.

"Kami berharap kunjungan kerja ini mampu menyebarluaskan dan mendekatkan hasil penelitian LIPI kepada para pemangku kepentingan, terutama para anggota DPR," kata Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI Enny Sudarmonowati melalui siaran pers, di Jakarta, Rabu (28/2).

Kunjungan kerja tersebut bertema "Pengembangan Bibit Unggulan Tanaman Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan dalam rangka Memperkuat Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor".

Kunjungan tersebut merupakan kelanjutan kegiatan penyebarluasan hasil penelitian LIPI yang telah dilaksanakan sebelumnya.

"Kami berharap anggota DPR yang berkunjung ke CSC-BG LIPI dapat mencermati berbagai hasil penelitian dan membantu penerapannya ke masyarakat dengan mendorong kebijakan dari pemerintah," tuturnya.

Penerapan ilmu pengetahuan dapat membantu menyelesaikan permasalahan nasional dan meningkatkan daya saing bangsa. Enny berharap program penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dijalan LIPI dapat memberikan pengetahuan sekaligus penerapan hasil penelitian kepada masyarakat.

"Terutama masyarakat petani di perdesaan dan wilayah lain yang belum maju," katanya.

Enny juga berharap kunjungan tersebut dapat meningkatkan kemitraan strategis antara LIPI dengan DPR agar arti penting ilmu pengetahuan semakin dipahami oleh masyarakat.

LIPI memiliki beragam hasil penelitian dari sektor hayati, kebumian, teknik, kelautan, hingga jasa ilmiah.

Menurut Enny, masih banyak masyarakat yang belum memahami arti penting ilmu pengetahuan. Padahal, di banyak negara maju, peran ilmu pengetahuan sangat penting.

"Suatu negara akan bisa maju bila memiliki kebijakan terkait ilmu pengetahuan yang kuat," ujarnya.

Kunjungan kerja Komisi VIII ke CSC-BG LIPI itu diikuti dua anggota, yaitu Nawafie Saleh dan Ivan Doly Gultom. (Ant)

Sumber: https://elshinta.com/news/137857/2018/02/28/komisi-viii-dpr-tinjau-penelitian-pertanian-kehutanan-lipi

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI