Print

LIPI Bangun Laboratorium BSL-3, Ini Beragam Keunggulannya

website6

By  Ihsan -- 7 April 2018

Trubus.id -- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akhirnya memulai pembangunan fasilitas penelitian mutakhir. fasilitas itu berupa Laboratorium Biosafety Level-3. Acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan BSL-3 dan Clean Room ini sendiri dilangsungkan di LIPI Cibinong Bogor, Jumat (6/4).

Nantinya, laboratorium BSL-3 dan fasilitas pendukungnya akan bermanfaat untuk ketersediaan fasilitas bangunan dan peralatan riset yang sesuai dengan kebutuhan riset pangan.

"Selain itu, fasilitas ini juga akan digunakan sebagai penelitian pengembangan dan pengujian efektivitas obat untuk penyakit infektif, kemudian penelitian penyakit zoonosis (penyakit yang ditularkan oleh hewan), perakitan dan pengujian mikroorganisme transgenik, dan penanganan dan koleksi mikroorganisme patogen," ujar Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, Dr. Bambang Sunarko.

Sasaran jangka panjang lainnya dalam pembangunan laboratorium BSL-3 ini adalah dari segi penggunaan fasilitas secara luas. Yang artinya, laboratorium ini bisa dimanfaatkan secara bersama melalui mekanisme kerja sama dengan LIPI.

Ke depannya, dalam menjawab tantangan global dengan fenomena skema perang global seperti senjata biologis, fasilitas ini juga disebut bisa digunakan dengan maksimal.

"Nanti senjata biologi itu bisa, kalau kimia sudah ada, nah ini harapan saya juga bisa di cek disini," ujar Plt Kepala LIPI, Prof. Dr. Bambang Subiyanto ketika ditemui Trubus.id di akhir acara. [RN]

Sumber: https://news.trubus.id/post/lipi-bangun-laboratorium-bsl-3-ini-beragam-keunggulannya-9137

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI