Print

LIPI Bangun Laboratorium BSL-3 Untuk Jamin Kualitas Riset Pangan

Oleh : Budi Seno P Santo 06 April 2018 21:04 WIB

website11

JAKARTA: Mutu produk akan lebih terjamin apabila proses produksinya dilakukan pada fasilitas berstandar Good Laboratory Practice (GLP). Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mencermati bahwa fasilitas Laboratorium Biosafety Level-3 (BSL-3) sudah sangat diperlukan di Indonesia.

Untuk itulah, LIPI membangun Laboratorium Biosafety Level-3, di Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, kawasan Cibinong Science Center-Botanic Garden (CSC-BG), Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pada acara peletakan batu pertama, Jumat (6/4/2018), Plt Kepala LIPI Bambang Subiyanto dalam sambutannya menyatakan, laboratorium ini kelak juga bisa digunakan kalangan umum. "Khususnya, untuk penelitian kalangan perguruan tinggi di bidang pangan dan obat-obatan," tuturnya.

Di satu sisi, dia juga berharap, pembangunan laboratorium ini bisa berjalan tepat waktu. Paling tidak, ujarnya, akhir tahun 2018 ini sudah selesai.

Keberadaan laboratorium tersebut dapat memberikan jaminan atas kualitas hasil penelitian pangan dan kesehatan. Juga, memberikan jaminan atas konsistensi hasil penelitian dan pembuatan produk jadi siap komersialisasi, meningkatkan kepercayaan stakeholder, dan memperkecil bahaya yang bisa ditimbulkan produk karena kontaminasi.

Dari latar belakang inilah, LIPI menginisiasi pembangunan laboratorium tersebut. Selain itu, laboratorium ini juga memberikan ketersediaan fasilitas produksi skala kecil sesuai standar GLP dan Good Manufacturing Practice (GMP), sekaligus memberi nilai tambah bagi produk hasil riset Indonesia.

Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI Prof Dr Enny Sudarmonowati menyatakan, dengan adanya laboratorium itu, maka produk riset pangan memiliki daya saing dengan produk sejenis dari negara lain, baik di pasar dalam negeri maupun internasional.

Kemudian, produk riset juga akan memenuhi persyaratan mutu dan dijamin tidak menimbulkan risiko berbahaya. "Yang disebabkan tidak aman, mutu rendah, atau yang lainnya,” ujarnya.

Di bagian lain, Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi Dr Bambang Sunarko, menuturkan, tujuan jangka pendek adalah untuk memfasilitasi kegiatan penelitian tahap lanjut, pengujian, pembuatan prototipe dan lain-lain, yang membutuhkan ruangan bebas-partikel bertekanan negatif BSL-3, baik secara in vitro maupun in vivo yang didukung oleh fasilitas berstandar GLP dan GMP.

“Sedangkan, tujuan jangka panjang pembangunan laboratorium BSL-3 dan fasilitasnya adalah untuk mendukung pengembangan dan produksi pangan dan obat berbasis bioteknologi di Indonesia,” tutur dia.

Sumber : http://m.suarakarya.id/amp/detail/65155/LIPI-Bangun-Laboratorium-BSL-3-Untuk-Jamin-Kualitas-Riset-Pangan

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI