Print

Tingkatkan Kerja Sama, LIPI Diseminasi Iptek di Luwu Utara

 

ida

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani (kiri) dan Kepala Bidang Dokumentasi Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah LIPI Hendro Subagyo (kedua dari kiri) terlibat diskusi di Aula Lagaligo, Kamis (24/5/2018). 

Laporan Wartawan TribunLutra.com, Chalik Mawardi

TRIBUNLUTRA.COM, MASAMBA - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menggelar diseminasi Iptek di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

Diseminasi yang digelar di Aula Lagaligo, Kantor Bupati Luwu Utara, Jl Simpurusiang, Masamba, dihadiri aparat pemerintah setempat, Kamis (24/5/2018).

Diseminasi Iptek LIPI merupakan kegiatan penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi kepada pemerintah maupun masyarakat.

Kepala Bidang Dokumentasi Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah LIPI, Hendro Subagyo mengatakan kegiatan terselenggara berkat adanya kerja sama LIPI dengan Pemkab Luwu Utara yang terjalin baik.

"Selama ini kerja sama LIPI dengan Pemkab Luwu Utara sudah berjalan dengan baik dan ini tentu ingin kita tingkatkan lagi," kata Hendro.

Dalam diseminasi Iptek itu, Kepala Bidang PDHP Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI Syamsidah Rahmawati dan Kepala Bidang Pengembangan Sarana Pusat Pengembangan TTG LIPI Cecep Erwan mamaparkan program yang dikembangkan.

Misalnya Pusat Penelitian Bioteknologi yang mengembangkan komoditas unggul padi, ubi, sayur organik, alpukat hingga kayu jati.

"Seperti alpukat yang kita edukasi sehingga bisa berbunga dan berbuah sepanjang tahun," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, menyebut, pihaknya dan LIPI tengah melakukan kerjasama dalam pengkajian dan pengembangan teknologi budidaya dan pascapanen pengalengan buah dan pangan lokal.

Buah dan pangan lokal yang telah di prariset diantaranya rambutan, kapurung kaleng, sambal kidi, selai durian, dan bajabu ikan gabus.

"Pemkab Luwu Utara juga pernah kerjasama dengan Pusat Penelitian Politik LIPI dalam hal kajian indeks persepsi korupsi," tuturnya.(*)


Artikel ini telah tayang di tribun-timur.com dengan judul Tingkatkan Kerja Sama, LIPI Diseminasi Iptek di Luwu Utara.

Penulis: Chalik Mawardi

Editor: Hasriyani Latif

Sumber: http://makassar.tribunnews.com/2018/05/24/tingkatkan-kerja-sama-lipi-diseminasi-iptek-di-luwu-utara

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI