Print

Bupati Tabalong Tanam Padi Riset LIPI di Bintang Ara

Jumat, 26 Oktober 2018 05:36

Berita Tabalong

tabalongSEMANGAT : Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, Deputy Ilmu Pengetahun Hayati pada LIPI, Enny Sudarmonowati dan Kepala Distan Kabupaten Tabalong Johan Noor Efendi bersama warga menanam padi Varitas Lipigo 1 dan Lipigo 2 di Desa Bintang Ara, Kamis (25/10/18).

PROKAL.CO, TANJUNG -- Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani menanam padi tadah hujan hasil riset Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Desa Bintang Ara, Kabupaten Tabalong, Kamis (25/10/18). Ia menanam bersama Deputy Ilmu Pengetahun Hayati pada LIPI, Enny Sudarmonowati dan masyarakat setempat.

Apa yang dilakukan mereka, merupakan simbolis mempererat kerja sama antara kedua lembaga pemerintah tersebut, di bidang pertanian. Setidaknya, hasil temuan itu ditanam di lahan pegunungan seluas 25 hektare. Padi yang ditanam itu diberi nama Varitas Lipigo 1 dan Lipigo 2.

Namun, kerja sama ini juga terkait dengan pembuatan pupuk organik dan obat pembunuh hama, yang dimanfaatkan pada padi yang ditanam tersebut. Sehingga hasilnya sesuai harapan.

Bupati sangat berterima kasih atas kerja sama ini, dan perlu menjaganya kebersamaannya. "Tentu hasil dari kerja sama ini, karena tujuannya sama. Bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan petani," katanya.

Dijelaskan Enny Sudarmonowati, apa yang dilakukan LIPI di Desa Bintang Ara merupakan bagian dari program integritas pertanian. Terlebih semua program, mulai dari pupuk, insektisida, padi dan lahan disiapkan. "Sangat baik dilakukan di sini, sangat menunjang, termasuk lahannya," jelasnya.

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Tabalong, H Johan Noor Efendi mengatakan, luasan lahan yang ditanam padi hasil penelitian LIPI itu seluas 25 hektare. "Luasanya ada 25 hektare," ujarnya.(ibn/ema)

Sumber : http://kalsel.prokal.co/read/news/18405-bupati-tabalong-tanam-padi-riset-lipi-di-bintang-ara.html

 

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI