Sudut Biotek

MAHASISWA UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA KUNJUNGI PUSAT PENELITIAN BIOTEKNOLOGI LIPI

 

uad1Cibinong, 28 November 2019Keingintahuan masyarakat akan penelitian dibidang bioteknologi akhir-akhir ini semakin meningkat, hal ini dapat dilihat dengan banyaknya permintaan kunjungan ilmiah ke Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI. Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI menerima kunjungan dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta sebanyak 91 orang. Kegiatan kunjungan ini diterima di Gedung Bioteknologi Peternakan dan dibuka dengan pengenalan dan pemutaran video Profil Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI dan dilanjutkan tur ke laboraorium.

Tujuan dari kunjungan ini adalah selain sebagai kegiatan rutin diluar kampus juga untuk memperdalam ilmu pengetahuan mahasiswa terkait bidang Bioteknologi dengan melihat secara langsung laboratorium yang ada di Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI. Pada kunjungan kali ini para peserta mengunjungi Laboratorium Genetika Molekuler dan Modifikasi Jalur Biosintesis Tanaman, Laboratorium Biokatalis dan Fermentasi dan Laboratorium Biak Sel dan Jaringan Tanaman.

Manifestasi Kolaborasi 5 Tahun LIPI-Provinsi NTB

ntb2Banyumulek, 5 November 2019. Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI mengadakan Expo 5 Tahun LIPI di Nusa Tenggara Barat (NTB) bertema “Techno Park Business Center Berbasis Pemanfaatan Bioresources Secara Berkelanjutan pada 5 November 2019 bertempat di Science Technology Industrial Park, Banyumulek NTB. Expo ini sebagai, selain kegiatan penampilan produk hasil iptek kolaborasi LIPI-Provinsi NTB, juga ajang manifestasi kiprah LIPI di NTB selama periode 2015-2019 dalam kerangka Program Techno Park Banyumulek.

Kegiatan ini dihadiri Deputi IPH-LIPI, Enny Sudarmonowati dan Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat, Zulkifliemanyah. Enny memaparkan beberapa capaian kegiatan yang dilakukan LIPI selama 5 tahun di hadapan Gubernur NTB, yaitu peningkatan mutu produksi ternak sapi, pengolahan pakan ternak sapi, pengolahan limbah ternak, produk pupuk organik hayati. Produk hasil kegiatan iptek kolaborasi ini selaras dengan misi dan visi NTB yang akan mengembangkan sapi untuk kawasan Indonesia timur, dan nasional.

Penandatanganan Kerja Sama Puslit Bioteknologi dengan PT. Winning Borneo Mandiri

wborneoCibinong, 25 November 2019. Guna menghilirisasi dan mengembangkan hasil riset bioteknologi pertanian, Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI menjalin kerja sama dengan pihak swasta, PT Winning Borneo Mandiri. Jalinan kerja sama ini ditandai momen penandatanganan naskah kerja sama antara kedua belah pihak yang diselenggarakan pada 25 November 2019 di Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI, Cibinong. Dari pihak LIPI, hadir Kepala Pusat Penelitian Boteknologi LIPI, PuspitaLisdiyanti, sebagai penandatangan dan dari mitra swasta hadir John Thenov , Direktur PT. Winning Borneo Mandiri.

Kerja sama ini bertujuan untuk melaksanakan perbaikan padi lokal dan pemberdayaan petani lokal di Kalimantan Barat. "Kerja sama tersebut yang akan dilakukan selama 3 tahun ini diharapkan dapat mengembangkan budi daya tanaman pangan ramah lingkungan dan dapat bermanfaat bagi masyarakat petani," ujar Puspita pasca penandatangan naskah. (yovita, warda/edit:angga)

 

Japan Science and Technology Agency (JST) Kunjungi CSC-BG LIPI, Cibinong

Cibinong. HUmas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia menerima kunjungan delegasi Japan Science and Technology Agency (JST) ,(29/11) dikawasan CSC-BG di Cibinong. Kunjungan,  delegasi JST diterima oleh Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI , Kepala Pusat Penelitian Biologi dan Kepala Pusat Penelitian Biomaterial LIPI juga peneliti yang memiliki kerjasama penelitian dan yang berpotensi untuk bekerjasama dengan JST. “kunjungan dari JST kekawasan CSC-BG, bertujuan untuk meningkatan kerjasama dengan LIPI, selama ini telah banyak proyek penelitian kerjasama antara LIPI dengan JST, diharapkan  pada tahun yang akan datang  terjadi kolaborasi lebih meningkat” tutur Puspita.

Kolaborasi LIPI dan Boyolali Kembangkan Pangan Lokal Melalui Aplikasi Bibit Unggul dan Teknologi Olahan Ubi Kayu

Boyolali, 26 November 2019. LIPI bersinergi dengan Boyolali untuk mengangkat potensi pangan lokal dalam mendukung ketahanan pangan di daerah Boyolali. Menurut Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi yang diwakili oleh Kabid Pengelolaan Penelitian Puslit Bioteknologi, Dr. Ahmad Fathoni,“Untuk mendukung ketahanan panganadalah dengan memanfaatkan potensi pangan lokal dan adanya aplikasi hasil riset mulai dari hulu yaitu bibit unggul dan teknologi budidaya sampai ke hilir yaitu teknologi proses dan pengolahan produk olahan pangan membantu peningkatan daya saing pangan lokal”.

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI