Sudut Biotek

Cegah Penyebaran Covid-19, LIPI Desinfeksi Kawasan CSC-BG Cibinong

Cibinong, Humas LIPI. Dalam upaya pencegahan penyebaran wabah Covid-19 yang semakin meluas, LIPI melakukan desinfeksi pada fasilitas publik dan semua area satuan kerja di Kawasan Cibinong Science Center-Botanical Garden (CSC-BG) pada Jumat (3/20), yang meliputi P2 Biomaterial, P2 Biologi, P2 Bioteknologi, P2 Limnologi, PPII, Gedung A Kawasan, Gedung Widya Selaras, dan Rusunawa LIPI. “Sesuai arahan Kepala LIPI, untuk upaya pencegahan penyebaran Covid-19 kami melakukan agenda penyemprotan desinfektan di seluruh Kawasan CSC-BG LIPI. Karena area cukup luas yaitu ada sekitar 9 gedung, jadi ada 5 tim yang akan bertugas”, jelas Ahmad Fathoni, Ketua PME Kedeputian Bidang IPH LIPI. 

Fathoni menjelaskan, ada sekitar 100 liter lebih cairan desinfektan yang akan digunakan untuk di seluruh kawasan. Desinfeksi diprioritaskan pada ruangan yang dipakai oleh banyak sivitas LIPI, yaitu ruang rapat, fasilitas gedung dan bagian luar laboratorium (koridor), dan tempat ibadah. “Untuk yang paling krusial seperti Gedung PPII yang masih ada beberapa pertemuan yang diadakan, kedepannya akan dilakukan penyemprotan desinfektan setiap hari, jadi setelah ada pertemuan seperti rapat bisa langsung disterilkan”, ungkapnya.

Lipi wujudkan sinergisme menuju kemandirian bahan baku obat

Cibinong, Humas LIPI. Kesehatan dan obat merupakan isu strategis yang dijadikan Prioritas Riset Nasional (PRN) oleh pemerintah untuk periode 5 tahun mendatang mulai tahun ini sampai dengan tahun 2024. Mengangkat tema “Sinergisme Triple Helix Menuju Kemandirian Bahan Baku Obat dan Pengembangan Obat Herbal Indonesia Demi Kemajuan Bangsa”, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Puslit Bioteknologi LIPI menyelenggarakan Focus Group Discussion(FGD) FGD yang bertempat di Pusat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan LIPI, kawasan CSC-BG LIPI (12/3) yang diibukalangsung oleh Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) telah ditetapkan sebagai koordinator 3 topik riset kesehatan yaitu, pengembangan insulin, produksi bahan baku obat herbal terstandar dan fitofarmaka serta pengembangan vaksin rekombinan Human Papilloma Virus(HPV).“Kita mendapat super flagship yang telah ditetapkan oleh presiden Joko Widodo pada rapat terbatas mengenai kesehatan dan obat, hal ini tentu sangat membanggakan sekaligus beban dan tanggung jawab yang akan dipikulkan kepada para peneliti bidang terkait untuk mewujudkan PRN bidang kesehatan,ungkap Handoko.

Targetkan Capaian Kinerja, Kedeputian IPH Tandatangani Kontrak Kerja

Cibinong, Humas LIPIKontrak kinerja merupakan ikatan rencana-rencana kerja yang akan dicapai oleh suatu organisasi sebagai tolak ukur keberhasilan dalam kurun waktu tertentu.  Pada tahunAnggaran 2020, Kedeputian IPH - LIPI mengadakan kegiatan penandatanganan kontrak kinerja dengan seluruh jajaran Pejabat Eselon II di Lingkungan Kedeputian IPH – LIPI di Lantai 2 Gedung PPII – LIPI (12/03) disaksikan oleh Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko dan Pejabat Monitoring dan Evaluasi Kedeputian IPH – LIPI.Penandatanganan kontrak kerja ini menjadi dasar penilaian dalam evaluasi kinerja pada akhir Tahun Anggaran 2020 di Kedeputian IPH-LIPI.

Pada kesempatantersebut, Handokomenyatakan untuk memastikan keberhasilan pencapaian perencanaan strategis, maka diperlukan sistem penilaian kinerja sebagai bagian dari sistem pengelolaan kinerja di lingkungan Kedeputian IPH - LIPI. Penilaian kinerja organisasi dan pegawai adalahearly warning system”  bagi pimpinan organisasi,  para  atasan, dan akhirnya bagi Kedeputian untuk terus antisipatif dan proaktif terhadap tantangan dan kesempatan yang ada demi mencapai tujuan reformasi birokrasi, “ harapHandoko.

Dirinyamenjelaskan pengelolaan kinerja merupakan suatu rangkaian kegiatan pemanfaatan sumber daya untuk  meningkatkan kinerja dalam rangka mencapai tujuan organisasi. “Keberhasilan suatu organisasi dalam meningkatkan kinerja diantaranya dapat diukur melalui pencapaian target kinerja yang telah ditetapkan dalam kontrak kinerja, “pungkasHandoko(CA/ Ed: SL)

Mahasiswa Universitas Nasional Jakarta Kunjungi Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI

Cibinong-Humas LIPI. Pusat Penelitian Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menjadi  salah satu objek dalam memperdalam bidang  ilmu hayati,  seperti halnya kali ini Fakultas Biologi Universitas Nasional Jakarta, mengadakan kunjungan ke Puslit Bioteknologi,  pada Senin (16/12) 2019. Rombongan yang terdiri dari dosen pendamping dan mahasiswa ini diterima di gedung Meat-Milk Pro Puslit Bioteknologi-LIPI oleh tim Humas Kawasan CSC-BG, Cibinong. Sebelum melakukan kegiatan, terlebih dahulu pengunjung mendapatkan informasi terkait kegiatan penelitian melalui tayangan video profil LIPI dan Pusat Penelitian Bioteknologi, agar pengunjung  mendapatkan informasi tentang kegiatan penelitian yang dilaksanakan oleh Puslit Bioteknologi di laboratorium.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke beberapa Laboratorium, mahasiswa dan pendamping yang berjumlah 20 orang di arahkan  untuk melihat langsung Laboratorium yang ada di Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI yaitu : Laboratorium Biokatalis dan Fermentasi serta Laboratorium Bioenergi dan Bioproses. Peserta kunjungan yang ke Lab Biokatalis dan Fermentasi di pandu Ade Andriani, mengutarakan bahwa tentang kegiatan pada Lab penelitian ini  dilakukan adalah  dengan memanfaatkan mikroba dan enzim melalui fermentasi/reaksi berbasis rekayasa genetika mikroba. Lanjut Ade, beberapa produk utama yang dihasilkan adalah Oligosakarida (pangan fungsional), enzim kasar dan enzim murni untuk kebutuhan industri pangan, farmasi dan energi, Penyediaan mikroba potensial untuk industri dan lingkungan serta Produk hasil fermentasi. Pada Lab Bioenergi dan Bioproses, Swastika menjelaskan tentang pengembangan bioenergi dari mikroba fotosintesa dan pengembangan total proses dari bioenergi (biorifenari dari bioenergi).

Kepada pengunjung disampaikan bahwa Pusat Penelitian Bioteknologi juga menawarkan beberapa program yang dapat diikuti oleh para mahasiswa yang berminat di bidang bioteknologi seperti mengikuti kegiatan pelatihan dan bimbingan mengingat Puslit  Bioteknologi memiliki 17 laboratorium dengan kompetensi inti yang berbeda-beda. (est/edt:ks)

MAHASISWA UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA KUNJUNGI PUSAT PENELITIAN BIOTEKNOLOGI LIPI

 

uad1Cibinong, 28 November 2019Keingintahuan masyarakat akan penelitian dibidang bioteknologi akhir-akhir ini semakin meningkat, hal ini dapat dilihat dengan banyaknya permintaan kunjungan ilmiah ke Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI. Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI menerima kunjungan dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta sebanyak 91 orang. Kegiatan kunjungan ini diterima di Gedung Bioteknologi Peternakan dan dibuka dengan pengenalan dan pemutaran video Profil Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI dan dilanjutkan tur ke laboraorium.

Tujuan dari kunjungan ini adalah selain sebagai kegiatan rutin diluar kampus juga untuk memperdalam ilmu pengetahuan mahasiswa terkait bidang Bioteknologi dengan melihat secara langsung laboratorium yang ada di Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI. Pada kunjungan kali ini para peserta mengunjungi Laboratorium Genetika Molekuler dan Modifikasi Jalur Biosintesis Tanaman, Laboratorium Biokatalis dan Fermentasi dan Laboratorium Biak Sel dan Jaringan Tanaman.

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI