Sudut Biotek

Print

"Seminar Forum Pustakawan LIPI, Bogor-Cibinong-Cibodas" , 15 Februari 2016

Setelah vakum beberapa waktu yang lalu, diselenggarakanlah pertemuan Forum Pustakawan pada tanggal 15 Februari 2016 bertempat di Puslit Limnologi LIPI. Pada pertemuan perdana di awal tahun 2016 ini, jumlah peserta yang hadir sekitar 15 orang, terdiri dari Pustakawan dan pengelola perpustakan di instansi masing-masing, antara lain dari Puslit Biologi LIPI, Pusbindiklat Peneliti LIPI, Pusat Konservasi Kebun Raya Bogor LIPI, UPTBP Kebun Raya Cibodas LIPI dan Puslit Bioteknologi LIPI. Dari Puslit Bioteknologi LIPI dihadiri oleh Siti Elly Faisholyah, SS., Ahmad Saefudin Surapermana, S.Sos, Ludya Arica Bakti, M.Hum dan Suherman, S.AP.

Kepala Bidang Pengelolaan dan Diseminasi Hasil Penelitian Puslit Limnologi LIPI, Dr. Hendro Wibowo, S.Si, M.Si. dalam sambutannya menyatakan antara lain bahwa forum ini merupakan sarana untuk bertukar nformasi Pustakawan antar satker. Hal ini sejalan dengan pernyataan Ketua Forum Pustakawan se-Bogor, Cibinong, Cibodas, Ahmad Saefudin Surapermana, S.Sos bahwa hal paling penting adalah bertukar ilmu pengetahuan dan informasi, antara lain tentang manajemen, fasilitas, dll.
Bapak Saepul Mulyana, A. Md. (Pustakawan Puslit Limnologi LIPI, sebagai narasumber, menyampaikan materi tentang "Cara Mudah Membuat e-book Menggunakan Flipping Book Pdf Publisher", sedangkan Bapak Deden Sumirat Hidayat (Pustakawan Puslit Biologi LIPI ) memaparkan tentang "Manajemen Dokumen dan Referensi Ilmiah Menggunakan Mendeley".


Pembicara pertama antara lain menjelaskan tentang kelebihan dan kekurangan e-book (electronik book). Kelebihan media ini adalah (1) praktis (2) lebih mudah penyebarannya (3) harga lebih murah, sedangkan kekurangan media ini adalah (1) menbutuhkan sebuah perangkat lunak (2) kenyamanan (3) tidak leluasa membacanya.
Pembicara kedua antara lain memaparkan tentang masalah yang timbul jika membuat referensi secara manual (1) kesulitan pengelolaan referensi (2) kesulitan penelusuran metadata dan full text (3) dokumentasi & pengelolaan dokumen/konten digital yang tidak tepat (4) plagiarisme yang tidak sengaja (5) kesulitan menyitir sesuai degan style sitasi tertentu (6) kesulitan pemilihan aplikasi pengelolaan (7) aksesibilitas dokumen/digital.

Adapun manajemen dokumen adalah dengan : (1) cloud account (2) penelusuran metadata  full text (3) klasifikasi dan kategorisasi (4) table of contents (7) highlight & note. Manajemen referensi digunakan untuk (1) Pengelolaan Daftar Pustaka (2) Pengelolaan sitasi beserta gaya sitasi (citation style) (3) Impor & ekspor sitasi (4) Pengelolaan library (5) Sharing. Sesi selanjutnya adalah dengan praktek instalasi aplikasi Mendeley di komputer masing-masing peserta yang hadir, membuat akun di Mendeley dan cara mempergunakan aplikasi ini. (Elly/Pustakawan)