Sudut Biotek

Print

Sosialisasi Peraturan Jabatan Fungsional Pustakawan

sosialisasipustakawan1Pada hari Selasa, tanggal 15 Maret 2016 bertempat di Ruang Seminar Lantai II UPT Balai Informasi Teknologi LIPI Jl. Sangkuriang Gd 40, Kompleks LIPI Bandung telah diselenggarakan Sosialisasi Peraturan Jabatan Fungsional Pustakawan oleh BOSDM LIPI. Peserta yang diundang adalah seluruh Pustakawan dan kandidat Pustakawan LIPI. Dari Puslit Bioteknologi LIPI dihadiri oleh Ahmad Saefudin Surapermana, S.Sos (Kasubid Pengelolaan Hasil Penelitian/Pustakawan Muda), Ir. Nurlela (Kasubag Kepegawaian), Siti Elly Faisholyah, SS. (Pustakawan Muda) dan Firman Adityo S.E. (Perencana Pertama/Petugas yang menangani admnistrasi Jabatan Fungsional Non Peneliti di Puslit Bioteknologi LIPI).Pembicara dalam acara sosialisasi ini adalah (1) Sutarsyah, S.Sos., M.P. (Pustakawan PKT Kebun Raya LIPI Bogor) yang membawakan materi tentang "Sosialisasi Peraturan Jabatan Fungsional Pustakawan)" (2) Any Farida, S.H. (Kepala Bagian Mutasi BOSDM LIPI) yang membawakan materi tentang "Mekanisme Proses Administrasi Jabatan Fungsional Pustakawan LIPI" (3) Tupan dan Rochani Nani Rahayu (Tim Penilai LIPI) yang membawakan materi tentang "Evaluasi Temuan dalam Dokumen DUPAK Fungsional Pustakawan LIPI"


Pembicara pertama antara lain menjelaskan tentang perubahan istilah dan jumlah angka kredit di beberapa poin seperti Pendidikan dan Pelatihan, Pengorganisasian dan Pendayagunaan Koleksi, Pengembangan Profesi dan Pelayanan Perpustakaan serta Unsur Penunjang. Juga dijelaskan antara lain tentang (1) Kepustakawanan adalah kegiatan ilmiah dan professional yang meliputi pengelolaan perpustakaan, pelayanan perpustakaan dan pengembangan sistem kepustakawanan (2) Pelayanan Perpustakaan adalah kegiatan memberikan bimbingan dan jasa perpustakaan dan informasi kepada pemustaka yang meliputi pelayanan teknis dan pelayanan pemustaka.


sosialisasipustakawan2Pembicara berikutnya membahas tentang prosedur administrasi yang harus dipenuhi oleh seorang kandidat Pustakawan atau Pustakawan dalam mengajukan angka kredit. Beliau juga menjelaskan bahwa ada sekitar 15 jabatan fungsional di LIPI, dengan jumlah Pustakawan di lingkungan LIPI ada kurang lebih 59 orang. Jabatan fungsional tertentu adalah jabatan mandiri.


Pembicara ketiga memaparkan tentang latar belakang, temuan masalah dan solusinya. File sudah bisa diunduh di http://simpeg.bok.lipi.go.id. Demikian juga dengan file 2 pembicara terdahulu. (Elly/Pustakawan)

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI