Sudut Biotek

Print

Pustakawan Semarakkan Gelaran Open House Biovillage

biovillage1Cibinong,-- Perpustakaan sebagai bagian integral dari kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta berfungsi sebagai pusat sumber belajar turut mendukung tercapainya tujuan pendidikan dan penelitian. Sehubungan dengan upaya LIPI meningkatkan kinerja menuju lembaga riset berkelas dunia, para praktisi perpustakaan turut serta dalam meramaikan gelaran Open House yang diselenggarakan oleh Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI.

Kegiatan yang diikuti oleh ratusan pelajar dari bermacam tingkatan sekolah memadati lokasi Open House Biovillage berpusat di zona satu. Deretan meja-meja pameran berbaris rapi melengkapi keramaian suasana dalam gedung Meat Milk Pro. Di area lobby pun tak kalah semarak, sekelompok pelajar asyik bergandeng tangan sambil menunggu petugas pemandu mengantarkan mereka ke beberapa lokasi kegiatan yaitu pengelolaan sapi, teknologi pengolahan susu, teknologi produksi pakan segar, awetan dan probiotik ternak, teknologi produksi biogas dari limbah peternakan, budidaya dan produksi pangan organik hingga menjadi produk olahan, serta teknologi produksi pupuk hayati berbasis mikroba unggul lokal yang diselenggarakan selama sehari penuh pada Senin (29/8).

Open House yang mengambil tema Pengelolaan Kawasan Berbasis Teknologi Hayati Ramah Lingkungan, Terintegrasi dan Zero Waste dibuka secara langsung oleh Wakil Kepala LIPI Dr. Akmadi Abbas. "Indonesia masih sedikit konsumsi susu dibanding negara-negara tetangga lainnya. Unit pengolahan susu diharapkan meningkatkan riset dan pasokan susu nasional," katanya di acara Launching Unit Pengolahan Susu.

biovillage2Open House Biovillage merupakan kegiatan dan tantangan sebagai bagian dari upaya Perpustakaan Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI turut serta dalam mendiseminasikan informasi hasil-hasil riset LIPI bagi masyarakat. Dimana semenjak berdiri pada tahun 1986 perpustakaan secara berkesinambungan ikut berperan dalam sosialisasi hasil penelitian yang mampu mengedukasi sekaligus menambah keterampilan masyarakat dalam bentuk pemanduan dan dokumentasi. “Di LIPI kami meneliti banyak bidang, dan berusaha membuatnya dalam bentuk audio visual agar bisa diakses oleh banyak orang,” ujar Ahmad selaku Kepala Sub Bidang Pengelolaan Hasil Penelitian.

Biovillage sendiri merupakan proyek percontohan kawasan terpadu yang menggabungkan pertanian/pangan, pakan, pupuk dan energi. Biovillage ditujukan sebagai etalase hasil riset pada Kedeputian Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI yang diintegrasikan dengan konsep zero waste. Harapan kedepan konsep dapat direplikasi di daerah lain. (Ludya/Pustakawan)

 

 

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI