• refleksiiph
  • biotrends17
  • pui2017bsun
  • Kegiatan Refleksi Akhir Tahun Kedeputian Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI yang berlangsung pada tanggal 14 Desember 2017, bertempat di Hotel Safero, Bogor.
  • Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI, Dr. Bambang Sunarko (kedua dari kanan), melakukan Penandatanganan Pembinaan Pusat Unggulan Iptek (PUI) Bioteknologi Peternakan Sapi Potong dan Sapi Perah pada acara Apresiasi Lembaga Penelitian dan Pengembangan Tahun 2017 Oleh Kemenristekdikti di Gedung Kemenristekdikti, Jakarta, Rabu 13 Desember 2017.

Sudut Biotek

Print

Kunjungan Mahasiswa Indonesia International Institute for Life Sciences (I3L)

on .

i3LCibinong,-- Pada 27 Januari 2017, Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, menerima kunjungan 50 orang mahasiswa dari Indonesia International Institute for Life Sciences (I3L). Kunjungan mahasiswa I3L yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai bioteknologi ini diterima oleh Sub Bidang Diseminasi dan Kerja Sama Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI. Hadir sebagai pembicara Kepala Laboratorium Terapeutik Protein dan Vaksin, Dr. Adi Santoso dan peneliti Laboratorium Biologi Molekuler Kesehatan dan Diagnostik, Bugi Ratno Budiarto, M. Biotech.

Dalam penjelasannya kepada para mahasiswa tingkat 1 ini, Dr. Adi Santoso menyampaikan urgensi melakukan penelitian obat-obatan biologi (biosimilar) yang berbasis protein karena sampai saat ini kebutuhan obat-obatan biologi di Indonesia masih tergantung produk impor. " Di tahun yang akan datang Indonesia harus mampu memproduksi sendiri obat-obatan biologi tanpa harus tergantung produk impor, harganya cukup mahal dan dengan memproduksi di dalam negeri dipastikan harga jual obat untuk pasien dapat ditekan,"ujar Adi.

 

Dalam kesempatan yang sama, Bugi Ratno Budiarto, M. Biotech, menyampaikan bahwa para peneliti di bidang bioteknologi kesehatan, Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI, telah menemukan 3 kit deteksi penyakit kanker serviks, payudara dan paru-paru. Serupa dengan obat biologi, kit deteksi kanker bernilai unggul karena dapat menekan biaya pemeriksaan dibandingkan metode yang umum dilakukan saat ini.

Seusai paparan dari kedua pembicara, para mahasiswa dengan antusias mengajukan berbagai pertanyaan, antara lain mengenai keunggulan obat-obatan biologi diantaranya EPO yang telah dihasilkan Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI dibandingkan dengan yang telah ada di pasaran. Kunjungan mahasiswa I3L tersebut diakhiri dengan kegiatan kunjungan ke laboratorium untuk melihat dan memperoleh penjelasan lebih rinci tentang penelitian yang sedang berlangsung. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk berdialog dengan para peneliti bidang bioteknologi kesehatan agar mengetahui perkembangan penelitian berbasis obat di Indonesia.(esti-Humas)

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI

 

facebook  

twitter 

 youtube