Sudut Biotek

Print

Pelatihan Perbanyakan Bibit Tanaman Buah Lokal Koleksi Kebun Plasma Nutfah

kpn1Cibinong-- Kebun plasma nutfah merupakan salah satu bentuk kebun konservasi tanaman buah-buahan tropis lokal yang didirikan oleh LIPI. Tanaman utama di dalam Kebun Plasma Nutfah adalah jenis tanaman buah-buahan lokal Indonesia dengan 105 varietas dari berbagai daerah di Indonesia. Sebagian besar tanaman buah-buahan tersebut telah memiliki sertifikat determinasi sebagai pohon induk unggul. Keberadaan pohon induk dapat menjadi sumber plasma nutfah untuk memproduksi bibit unggul turunannya.

Posisi Indonesia sebagai negara mega biodiversity di dunia mengakibatkan sudah selayaknya pemeliharaan dan pengembangan potensi kebun plasma nutfah sebagai salah satu sumber daya genetik khususnya tanaman buah tropis dataran rendah terus dilakukan agar manfaatnya dalam pelestarian lingkungan dan areal konservasi perkotaan tetap berlangsung. Kegiatan alih teknologi perlu dilakukan agar masyarakat memiliki pengetahuan dalam menghasilkan bibit tanaman unggul mengenai teknologi perbanyakan tanaman.

 Sejalan dengan semangat diseminasi ke tengah masyarakat, Rabu, 17 Mei 2017 Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI mengadakan pelatihan perbanyakan tanaman buah unggul tropis secara vegetatif. Pelatihan perbanyakan tanaman buah lokal bagi masyarakat umum dan diseminasi bibit buah lokal tersebut merupakan salah satu ouput kegiatan Science dan Technopark.

taspen1Kegiatan pelatihan dibuka oleh Kepala Sub Bidang Diseminasi dan Kerjasama Puslit Bioteknologi LIPI, Angga Wijaya Holman Fasa, SH, mewakili Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI yang berhalangan hadir dan Koordinator kegiatan Science dan Technopark, Drs. Manaek Simamora MBA, mewakili Kepala Pusat Inovasi LIPI yang berhalangan hadir. Dalam sambutan, Manaek menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan merupakan suatu kerangka kegiatan nasional untuk meningkatkan produktifitas masyarakat dan juga untuk meningkatkan kegiatan usaha para petani.

Sementara itu, Angga, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kebutuhan pangan terutama kebutuhan buah-buahan varietas lokal nusantara semakin meningkat, disisi lain adalah keterbatasan penyediaan buah-buahan tersebut sehingga perlu meningkatkan teknik-teknik sehingga dapat meningkatkan ketersediaan tanaman buah-buahan tersebut. Patut dicatat, peserta pelatihan perbanyakan tanaman buah unggul tropis secara vegetatif sebagian besar merupakan anggota kelompok usaha petani terpadu.

Diharapkan kegiatan pelatihan perbanyakan tanaman buah unggul tropis secara vegetatif dapat menjadi instrumen dalam meretas keterbatasan sediaan buah-buahan varietas lokal nusantara dan meningkatkan peran vital kegiatan usaha agribisnis masyarakat. (warda/pranata humas biotek)

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI