Sudut Biotek

Print

PELATIHAN FERMENTASI BIJI KAKAO

kakao1Bogor-- Kakao merupakan salah satu komoditas primadona untuk pasar lokal dan internasional. Kenyataannya, selama ini, nilai jual biji kakao di pasaran terbilang rendah karena hasil biji kakao belum berkualitas baik.

Muasalnya, sampai saat ini masih banyak petani kakao yang tidak melakukan proses fermentasi pada biji kakao yang mereka jual. Sehingga dibeli dengan harga yang sangat murah oleh pihak industri. Sebagian petani juga telah melakukan proses fermentasi tradisional tanpa starter, tapi hasil biji kakao yang dihasilkan belum seragam menyebabkan pihak industri tetap membeli dengan harga biji kakao asalan.

 

kakao2Guna memberikan solusi masalah itu, peneliti Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI, Dr. Fahrurozi, telah memformulasikan starter kakao unggul. Formulasi starterdidapatkan melalui proses penelitian di laboratorium dan telah terbukti dapat mengoptimalkan proses fermentasi biji kakao. Sehingga biji kakao hasil fermentasi menggunakan starter ini telah sesuai dengan standar mutu biji kakao Standar Nasional Indonesia (SNI).

Tak sekadar menginvensi, LIPI pun mendiseminasikan produk teknologi starter kakao. LIPI, dalam hal ini Pusat Penelitian Bioteknologi dan Pusat Inovasi, bekerja sama dengan projek EQSI dan PT. Kalla Kakao Industri, melaksanakan pelatihan “Pemanfaatan Starter Unggul Fermentasi Biji Kakao” kepada para petani kakao di Desa Alengge Agung, Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara, pada 13-17 Juni 2017. Pelatihan ini merupakan hilirisasi teknologi hasil kegiatan Cibinong Science and Technopark.

kakao3Pada kegiatan pembukaan, pelatihan ini dihadiri oleh perwakilan dari project EQSI, PT. Kalla Kakao Industri, Dinas Tanaman Pangan, Perkebunan danHortikultura, perwakilan kecamatan Andolo dan perwakilan Kepala Desa Alengge Agung dan perwakilan dari LIPI. (Fahrurrozi & Angga WHF)

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI