Sudut Biotek

Print

Pelatihan Pembuatan Beras Pratanak (parboiled rice) (Gratis)

pelatihan beras

Description

Beras merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia, dengan rata-rata konsumsi perkapita 98 kg/tahun (BPS, 2016). Tingkatkonsumsi beras ini tergolong tinggi dibandingkan dengan Negara lain seperti Malaysia, Brunei Darussalam, dan Jepang berurutan. Tingginya konsumsi beras perkapita di Indonesia menyebabkan tingginya penderita diabetes tipe II.

Indonesia termasuk salah satu Negara dengan jumlah penderita diabetes tertinggi nomor empat, setelah India, China dan Amerika. Selain diabetes konsumsi karbohidrat dalam beras yang berlebihan dapat menyebabkan obesitas.

Peningkatan kandungan zat gizi dalam beras dapat dilakukan dengan beberapa cara pengolahan pasca panen. Salah satunya adalah pengolahan parboiled rice (beras pratanak).

Beras Pratanak (Parboiled Rice)

Parboied rice disebut juga (beras pratanak) merupakan salah satu produk olahan padi dengan menggunakan perendaman dan pemanasan (pengukusan) terlebih dahulu sebelum digiling. Proses perendaman dan pengukusan bertujuan untuk mempertahankan kualitas fisik dan kandungan gizi beras agar tidak hilang bersamaan dengan pengolah gabah menjadi beras. Proses pratanak secara umum dibagi menjadi tiga bagian yaitu, perendaman, pengukusan dan pengeringan. Prinsip parboiled rice adalah memperoleh butiran beras yang patinya telah tergelatinisasi sebelum digiling. Jika dibandingkan dengan beras giling biasa, beras pratanak memiliki kandungan serat lebih tinggi.

Date and Time

Thu, September 7, 2017

9:00 AM – 3:00 PM WIB

Location

Auditorium Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI

Komplek CSC-BG Jl. Raya Cibinong Km. 46 Cibinong Kab. Bogor

Cibinong, Jawa Barat 16911

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI