Notice: Use of undefined constant getValue - assumed 'getValue' in E:\aamiin\plugins\content\fb_tw_plus1\fb_tw_plus1.php on line 417
Guna Peningkatan Kapasitas IPTEK Peternak, Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI Alih Teknologi Pakan di Kota Probolinggo - Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI
  • refleksiiphrefleksiiph
  • biotrendsbannerbiotrendsbannerbiotrends
  • pui2017bsunpui2017bsun
  • Kegiatan Refleksi Akhir Tahun Kedeputian Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI yang berlangsung pada tanggal 14 Desember 2017, bertempat di Hotel Safero, Bogor.
  • Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI, Dr. Bambang Sunarko (kedua dari kanan), melakukan Penandatanganan Pembinaan Pusat Unggulan Iptek (PUI) Bioteknologi Peternakan Sapi Potong dan Sapi Perah pada acara Apresiasi Lembaga Penelitian dan Pengembangan Tahun 2017 Oleh Kemenristekdikti di Gedung Kemenristekdikti, Jakarta, Rabu 13 Desember 2017.

Notice: Constant DS already defined in E:\aamiin\plugins\content\fb_tw_plus1\fb_tw_plus1.php on line 13

Sudut Biotek

Print

Guna Peningkatan Kapasitas IPTEK Peternak, Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI Alih Teknologi Pakan di Kota Probolinggo

on .

knowledgesharingknowledgesharingProbolinggo- Kota Probolinggo yang kesohor penghasil komoditas mangga dan anggur mulai juga memajukan potensi komoditas lainnya, ternak sapi. Muasal prakarsa ini adalah penjabaran Rencana Strategis Kota Probolinggo 2015–2019 dan visi dan misi Kota yang bermuara pada terwujudnya peternakan yang unggul berwawasan agribisnis berbasis sumber daya lokal yang ramah lingkungan guna mendukung ketahanan pangan daerah dan nasional.

Langkah awal nyata mewujudkan visi dan misi itu, Pemerintah Kota Probolinggo, dalam hal ini Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Probolinggo bekerja sama dengan Pusat Inovasi-LIPI dan Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI mengadakan penguatan kapasitas peternak sapi khususnya di bidang pembuatan pakan ternak. Pengejawantahannya dalam bentuk kegiatan pelatihan Sekolah Lapang (SL) Manajemen Pakan Ternak. Kegiatan ini bertajuk "Penyusunan Pakan Lokal Ramah Lingkungan untuk Pengembangan Sapi Potong di Kota Probolinggo".

 

knowledgesharingknowledgesharingPelatihan yang diselenggarakan pada tanggal 17–19 Oktober 2017 yang bertempat di Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Probolinggo ini diikuti 120 orang peternak dari 6 Kelompok Tani (KT) yaitu KT. Bango Jaya Kel. Sumber Taman, KT. Jaya dan KT. Sumber Barokah Kel. Pakis Taji, KT. Sumber Lombok dan KT. Sumber Hidup Kel. Sumber Wetan dan KT. Bumi Karomah Kel. Kedopok Kota Probolinggo.

Kontribusi alih teknologi LIPI dalam kegiatan ini sebagai narasumber pelatihan. Narasumber berasal dari Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI yaitu Bapak Dr. Roni Ridwan, topik Pelatihan Teknologi Pengolahan Pakan Ternak dan Probiotik serta Bapak Rusli Fidriyanto, M.Sc, topik Sistem Manajemen Pemeliharaan Sapi Potong yang Baik.

knowledgesharingknowledgesharingAcara Pelatihan dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Probolinggo, Ir. Sukarning Yuliastuti, M.Si. Dalam pembukaan Sukarning berharap dengan adanya pelatihan ini maka para peternak di Kota Probolingga akan bertambah ilmu manajemen pakan ternak agar kualitas produksi sapi potong meningkat dan tidak tertutup kemungkinan akan berlanjut kerjasama di tahun tahun yang akan datang.

knowledgesharingknowledgesharingPada pelatihan ini para narasumber tak sekadar memaparkan teori. Selain teori di ruangan kelas, para peserta pelatihan diberikan praktik cara pembuatan Pakan Konsentrat yang berasal dari campuran dedak padi, dedak gandum, BIS: Bungkil inti sawit, pollard, kulit ari kedelai, bungkil kopra dan tetes tebu dan garam. Juga praktek pembuatan silase (hijauan pakan ternak yang dikeringkan) yg berasal dari pohon jagung dengan menggunakan Inokulum Silase BINOSIL – 01 produk Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI serta diperkenalkan pula Probiotik untuk ternak PROBIOMIX T-10 untuk kesehatan pencernaan ternak dan menambah nafsu makan ternak sehingga menambah bobot berat badan sapi pedaging.

Guna mengevaluasi kualitas pelatihan, pada kesempatan ini Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI tak lupa menyebarkan kuesioner dan umpan balik kepuasan pelanggan kepada seluruh peserta pelatihan. Berdasarkan hasil penyebaran kuesioner kepuasan pelanggan, para peserta pelatihan umumnya mengapresiasi positif pelatihan ini bahkan mengusulkan agar kegiatan serupa terus dilaksanakan secara kontinu dan menjadi agenda reguler. Setelah terselenggara selama 3 hari, acara pelatihan ditutup oleh Kepala Seksi Pakan Ternak Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan Ibu Arie Pugar Lestari, S.TP., M.M. (Hayat Raharja & Angga Wijaya HF)

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI

 

facebook  

twitter 

 youtube