Notice: Use of undefined constant getValue - assumed 'getValue' in E:\aamiin\plugins\content\fb_tw_plus1\fb_tw_plus1.php on line 417
Penelusuran informasi melalui Science Direct - Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI
  • pui2017bsunpui2017bsun
  • biotrendsbannerbiotrendsbannerbiotrends
  • refleksiiphrefleksiiph
  • Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI, Dr. Bambang Sunarko (kedua dari kanan), melakukan Penandatanganan Pembinaan Pusat Unggulan Iptek (PUI) Bioteknologi Peternakan Sapi Potong dan Sapi Perah pada acara Apresiasi Lembaga Penelitian dan Pengembangan Tahun 2017 Oleh Kemenristekdikti di Gedung Kemenristekdikti, Jakarta, Rabu 13 Desember 2017.
  • Kegiatan Refleksi Akhir Tahun Kedeputian Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI yang berlangsung pada tanggal 14 Desember 2017, bertempat di Hotel Safero, Bogor.

Notice: Constant DS already defined in E:\aamiin\plugins\content\fb_tw_plus1\fb_tw_plus1.php on line 13

Sudut Biotek

Print

Penelusuran informasi melalui Science Direct

on .

science direct 1science direct 1Cibinong -, Di jaman serba internet seperti sekarang ini, adalah hal biasa bagi para pengguna internet dalam menelusur informasi. Namun demikian, tidaklah banyak yang mengetahui tentang pengertian penelusuran informasi. Penelusuran informasi adalah interaksi secara langsung pada sumber-sumber informasi untuk menelusur informasi yang dibutuhkan, baik yang tersedia di perpustakaan dalam bentuk tercetak maupun melalui berbagai sumber yang tersedia di internet, dalam hal ini informasi ilmiah.

Secara garis besar, layanan penelusuran informasi merupakan salah satu tugas Pustakawan dalam menjembantani kebutuhan informasi dari penggunanya dengan sumber-sumber informasi yang tersedia. Layanan penelusuran informasi, yang merupakan salah satu tugas Pustakawan ini, baik Pustakawan Tingkat Terampil maupun Tingkat Ahli, hanya berbeda dari sisi jenis layanan penelusurannya. Jika untuk Pustakawan Tingkat Terampil layanan penelusuran informasi yang dilakukan adalah kegiatan penelusuran informasi yang bersifat sederhana, maka untuk Pustakawan Tingkat Ahli penelusuran informasi yang dilakukan adalah yang bersifat kompleks.

Penelusuran informasi yang bersifat sederhana yaitu kegiatan layanan penelusuran informasi tentang suatu subjek dengan menggunakan sarana temu kembali informasi yang tersedia di perpustakaan sesuai kebutuhan penggunanya. Di sisi lain, penelusuran informasi yang bersifat kompleks adalah kegiatan layanan penelusuran informasi khusus tentang suatu subjek dengan menggunakan sarana temu kembali informasi yang tersedia di dalam atau di luar perpustakaan. Kegiatan penelusuran informasi ini digunakan untuk mendukung penelitian dan/atau penulisan ilmiah sesuai kebutuhan pemustaka.

Mengingat sarana untuk mengakses internet sudah lebih baik jika dibandingkan pada tahun-tahun terdahulu, maka kini tidaklah heran jika peneliti LIPI lebih sering mengakses sendiri informasi yang tersaji di internet agar sesuai dengan yang dibutuhkannya. Di lingkungan LIPI, pengadaan/pengembangan koleksi perpustakaan dalam bentuk dijital dilakukan dengan cara berlangganan dan berkoordinasi dengan Kementerian RistekDikti. Jadi jika teman-teman sivitas LIPI ingin memperoleh artikel sesuai dengan bidang subjek yang akan diteliti, maka kita harus mengaksesnya melalui intra LIPI. Kemudian akan tampil di intra LIPI, di di pojok kiri intra LIPI akan terlihat berbagai tampilan, maka pilihlah sarana online, lalu e-journal, dan kemudian pilih Science Direct. Kemudian, akan muncul pilihan untuk masuk website ini melalui PDII LIPI atau Kemenristekdikti. Silahkan dipilih.

Adapun tampilan hasil penelusuran di layar monitor jika kita melakukan penelusuran melalui Science Direct dengan kata kunci Biotechnology, dan memilih klik Journal kemudian klik Life Sciences, adalah sebagai berikut :

science direct 1science direct 1

Pada tampilan di atas, ditemukan 381.848 hasil penelusuran yang berisi antara lain: (a) artikel yang dimuat di jurnal dan (b) artikel yang dimuat di prosiding (3) artikel yang merupakan bagian dari buku. Anda juga bisa memilih kategori sesuai dengan yang tertera di sebelah kiri bawah seperti review articles, research articles atau sesuai judul jurnal misalnya Biotechnology Advances dan lain-lain.

Tahap berikutnya adalah menyeleksi artikel yang relevan dengan yang dibutuhkan dan menandainya seperti contoh di bawah ini :

science direct 2science direct 2

Setelah artikel yang relevan ditandai, selanjutnya mengunduh full text artikelnya dengan cara meng-klik : Download PDF

science direct 3science direct 3

Maka akan keluar tampilan seperti ini :

science direct 4science direct 4

Kemudian, klik-lah tanda panah ke bawah yang terletak di sebelah kanan gambar printer. Fasilitas ini tersedia di sebelah kanan layar, di atas dan sebelum proses pengunduhan full text artikel berlangsung akan muncul tampilan sebagai berikut :

science direct 5science direct 5

Anda memiliki dua pilihan yaitu file di-Open with Foxit Phantom atau Save File. Setelah diunduh, Anda akan memperoleh full text artikel dalam bentuk file .pdf seperti contoh di bawah ini :

science direct 6science direct 6

Bagaimana dengan Anda yang tidak memiliki akses ke intra LIPI karena memang bukan karyawan LIPI? Silahkan menghubungi perpustakaan kami melalui e-mail kami : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. dan This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. karena tidak semua artikel jurnal yang tersedia di Science Direct tersedia Open Acces, akan kami bantu mencari artikel yang dibutuhkan.

Demikianlah sekilas tentang penelusuran informasi dengan contoh yang tersedia di Science Direct. Selamat mencoba.(Elly/Pustakawan)

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI

 

facebook  

twitter 

 youtube