Sudut Biotek

Print

Pererat Komunikasi Ilmiah Antar Negara, Puslit Bioteknologi-LIPI Menerima Sivitas Chiba University

chiba1Cibinong - 3 Maret 2018, Perwakilan mahasiwa dari Chiba University didampingi oleh mahasiwa dan Staf pengajar dari Pascasarjana Institut Pertanian Bogor berkunjung ke Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI. Dalam sambutannya, perwakilan Pascasarjana Institut Pertanian Bogor mengatakan bahwa saat ini IPB dengan Chiba University memiliki twinkle program. Kegiatannya antara lain: saling berkunjung, mempelajari, dan menggali informasi baik yang diperoleh dari masing-masing universitas, maupun dari instansi yang terkait dengan bidang studinya. Saat ini pihak IPB membawa 8 mahasiwa dari Chiba University, untuk diperkenalkan pada berbagai kegiatan yang telah dan sedang dilakukan oleh lembaga penelitian. Bidang studi yang mereka geluti adalah DNA Extraction. Mereka ingin mengetahui penelitian apa saja yang telah dilakukan oleh LIPI. Inilah maksud dari kunjungannya ke instansi penelitian, salah satunya Puslit Bioteknologi, LIPI. Kunjungan ini juga bertujuan mempererat komunikasi ilmiah sivitas berbeda negara.

Sebelum melakukan kunjungannya ke laboratorium: 1) Genetika Molekuler dan Modifikasi Biosintesis Tanaman; 2) Genomik dan Perbaikan Mutu Tanaman; 3) Mikrobiologi Terapan, sejumlah mahasiwa disambut oleh Kepala bidang Pengelolaan dan Diseminasi Hasil Penelitian, Dr. Syamsidah Rahmawati. Kemudian, dilanjutkan dengan pemutaran video profil LIPI, dan perkenalan kegiatan yang telah dilakukan oleh LIPI. Juga yang tak kalah menarik, mereka dengan antusias mengikuti game singkat yang dipandu oleh Staf Humas, Uus Faizal Firdaussy, M.Si. Permainan ini merupakan gimmick agar suasana kunjungan ilmiah menjadi cair dan IPTEK dapat didiseminasikan dengan langgam populer.

chiba2Dalam rangkaian kunjungan ini, mahasiswa juga turut menyimak paparan yang disampaikan Dr. Ahmad fathoni, M.Eng. Ia memperkenalkan tentang kegiatan, personel, di laboratorium Genetika Molekuler dan Modifikasi Biosintesis Tanaman. Salah satu penelitian unggulan di lab ini mengenai ubi kayu, atau yang lazim disebut singkong (cassava).

Tema penelitian ini menjadi unggulan karena ubi kayu merupakan tanaman yang mudah tumbuh dimana saja, dan dapat tumbuh meskipun pada lahan yang miskin unsur hara. Selain itu, tanaman ini mudah pemeliharaannya. Hal yang menarik lainnya, ubi kayu memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, antara lain: serat, protein, zat besi, kalsium, vitamin A, C, juga bebas gluten. Perlu diketahui bahwa Indonesia memiliki ratusan jenis ubi kayu yang berasal dari berbagai daerah. Ubi kayu ini, telah menjadi bagian dari sumber pangan utama, selain beras, bagi rakyat Indonesia, juga dibebarapa negara lainnya. (Avi-Humas)

 

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI