Sudut Biotek

Mendongkrak Perekonomian Kabupaten Subang Dengan Ubi Kayu Unggul Dan Mocaf

subang1Subang -, Selasa, 31 Juli 2018 Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI mengadakan workshop yang bertempat di Desa Palasari Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang - Jawa Barat. Kegiatan yang berlangsung selama satu hari ini diikuti oleh 20 orang peserta yang berasal dari 2 desa di Kabupaten Subang yaitu Desa Palasari dan Desa Tanjung Siang. Peserta terdiri dari perwakilan BUMDes (Badan Usaha MIlik Desa), Penyuluh Pertanian, lembaga pembina masyarakat Desa Palasari, beberapa UKM dan Yayasan Miftahul Bariyyah Desa Tanjung Siang.

subang2 Kegiatan dibuka oleh Kepala Desa Palasari Bapak Asep Deden Sudrajat dan dilanjutkan dengan presentasi, diskusi, demo sederhana pembuatan tepung mocaf serta kunjungan ke area demplot ubi kayu unggul. Ubi kayu yang sedang diuji coba tanam di Desa Palasari adalah cikal bakal untuk dikembangkan di wilayah Kabupaten Subang dan Boyolali. Terdapat 12 varietas ubi kayu unggul yang di tanam di Desa Palasari, dan setelah diseleksi nantinya akan ditentukan varietas mana saja yang cocok dikembangkan di wilayah Kabupaten Subang, dilihat dari kondisi tanaman dan kualitas umbi yang dihasilkan setelah ubi kayu dipanen.

subang4Hadir sebagai pembicara dari Pusat Penelitian Bioteknologi-LIPI yaitu Dr. Wahyuni dan Dr. Ahmad Fathoni yang berbicara tentang teknologi proses produksi mocaf kaya beta karoten dari bibit unggul ubi kayu LIPI dan proses komersialisasi mocaf serta diseminasi hasil penelitian ubi kayu LIPI. Sedangkan pembicara lain berasal dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Subang yaitu Drs. Wawan Suwirta berbicara tentang pemasaran produk UKM berbasis teknologi, Bapak Nana Mulyana sebagai ketua BUMDes dan ketua UKM Sari Kumetap Bapak Herwanto yang cukup memberikan motivasi kepada peserta workshop sebagai pelaku UKM yang telah memanfaatkan hasil riset mengenai ubi kayu (mocaf) dan dapat dijadikan contoh bagi UKM lainnya.

subang3Yang sangat membanggakan dalam kegiatan workshop ini adalah terbentuknya forum jaringan Kerjasama mocaf yang tentu saja merupakan wujud keseriusan dari semua belah pihak terkait, untuk dapat saling bersinergi dalam rangka pemberdayaan ekonomi berbasis sumber daya lokal yaitu tepung mocaf. Tujuan dari kegiatan workshop di kabupaten Subang Senada dengan semangat yang disuarakan oleh ketua forum jaringan komunikasi mocaf Kabupaten Subang Bapak Nana Mulyana, yaitu membentuk sinergi dan kerjasama antara LIPI dan pelaku usaha mocaf dalam pemanfaatan teknologi pembuatan mocaf kaya beta karoten dan bibit unggul ubi kayu hasil riset serta terwujudnya komunikasi yang efektif antara pelaku usaha, pemda, Bumdes dan LIPI untuk penguatan jaringan komersialisasi mocaf dan produk olahannya di Kabupaten Subang. (Esti Baina / humas)

 

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI