Sudut Biotek

Print

Audit Internal ISO 9001 : 2015 dan KNAPPP Puslit Bioteknologi LIPI

auditCibinong - 27 Agustus 2018, Audit internal ISO 9001:2015 dan KNAPPP perlu dilakukan dalam rangka pengawasan dan pengendalian penerapan sistem mutu di Puslit Bioteknologi LIPI, dimana untuk melihat kesesuaian antara kriteria dan aktual implementasi dilapangan, untuk melihat potensi perbaikan berkelanjutan dari Sistem Manajemen Mutu yang dibangun, untuk mengecek bagian yang lemah dalam implementasi ISO 9001:2015 dan KNAPPP dan untuk memenuhi persyaratan ISO 9001:2015 dan KNAPPP. Audit internal ISO 9001:2015 dan KNAPPP merupakan proses pengecekan Internal yang dilakukan oleh Tim Auditor Internal yang sudah mendapatkan pelatihan/training mengenai audit internal.

Audit internal Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 dan KNAPPP tersebut dilaksanakan selama satu minggu mulai tanggal 27 – 31 Agustus 2018. Ruang lingkup audit internal di Puslit Bioteknologi LIPI meliputi seluruh bagian, mulai dari Manajer Puncak (Plt. Kepala Pusat), Wakil Manajemen, Tata Usaha, Sub Bidang dan Bagian, Jasa Pelayanan, Kelompok Penelitian, PME, SPIP, Manajer KNAPPP dan Koordinator Sasaran Kegiatan. Audit internal dilaksanakan oleh 14 orang auditor dari tim ISO 9001:2015 dan KNAPPP dengan metode wawancara, observasi, dan peninjauan dokumen atau bukti-bukti informasi terdokumentasi.

Plt. Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, Dr. Syamsidah Rahmawati dalam pembukaan audit internal menyampaikan bahwa Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI terus berkomitmen untuk meningkatkan sistem manajemen mutu, dan terus berupaya melakukan perbaikan berkelanjutan, beliau berharap temuan ketidaksesuaian pada saat audit eksternal sebelumnya tidak terulang lagi.

lipi51Sertifikasi ISO merupakan sistem sertifikasi mutu yang fokus pada proses dan pelanggan, sertifikasi ISO akan membantu lembaga dalam menetapkan dan mengembangkan sertifikasi sistem manajemen kualitas secara sistematik untuk memenuhi kepuasan pelanggan dan peningkatan terus menerus. Akreditasi KNAPPP merupakan akreditasi yang khusus diberikan kepada lembaga-lembaga penelitian. Berbeda dengan ISO yang lebih bersifat umum, walaupun dalam pemenuhannya ada beberapa persamaan antara KNAPPP dengan ISO, dengan adanya akreditasi KNAPPP maka kepercayaan pengguna terhadap hasil penelitian kita akan lebih meningkat.

Hasil kegiatan Audit internal Tahun 2018 menemukan beberapa lingkup temuan dari berbagai parameter implementasi sistim manajemen mutu yaitu temuan 19 mayor, 42 minor dan 26 observasi. Diharapkan temuan-temuan tersebut segera ditindaklanjuti dan dilakukan perbaikan secara terus menerus.

Saran dan masukan dari hasil audit internal yaitu Pada dasarnya, Puslit Bioteknologi LIPI sudah menerapkan sistem manajemen mutu sesuai standar ISO maupun KNAPPP. Namun, masih memerlukan perbaikan dan peningkatan pemahaman prinsip-prinsip dan implementasi SMM ISO 9001: 2015 dan KNAPPP sesuai persyaratan yang ditetapkan sebagaimana tercantum dalam setiap butir klausul dan perlu sosialisasi kembali terhadap seluruh pegawai di Puslit Bioteknologi LIPI.(warda/pranata Humas)

 

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI