Sudut Biotek

Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) SMM ISO 9001:2015 P2 Bioteknologi LIPI

rtm1Cibinong - 8 Oktober 2018,  Puslit Bioteknologi LIPI melaksanakan RTM SMM ISO 9001:2015, RTM dibuka oleh Plt kepala Puslit Bioteknologi LIPI, Dr. Syamsidah Rahmawati selaku Pimpinan Puncak SMM ISO 9001:2015, dihadiri oleh para pejabat Struktural, Ketua PME, Ketua Satgas SPIP, Ketua Tim Auditor Internal. RTM tersebut membahas sebelas agenda yang disampaikan oleh Kepala Bagian Tata Usaha (TU), Tutang, MM selaku Wakil Manajemen ISO 9001:2015 yaitu terkait dengan Isu internal dan eksternal diantaranya isu pada TU yang berhubungan dengan kompetensi PNS.

Dalam paparannya beliau sampaikan ada dua hal yang perlu dilihat, pertama yaitu Pengaruh, harus mendukung VISI dan MISI lembaga (LIPI Integritas Ilmiah dan Unggul), rencana reorganisasi, penyusunan rencana aksi Tahun 2020-2024, pemenuhan KPK Tahun 2019, penyusunan KPI 2020-2025, pekerjaan yang dilaksanakan sesuai dengan harapan, memberikan semangat kerja kepada ASN demi terwujudnya tujuan lembaga, ASN harus mentaati peraturan perundang-undangan dan yang kedua adalah antisipasi yaitu memetakan kondisi ASN, melaksanakan pelatihan-pelatihan, melakukukan evaluasi kinerja, pengawasan terhadap karyawan, membuat dan menetapkan peraturan dan kebijakan lembaga dan penetapan punish & reward yang adil.

Selanjutnya pembahasan kajian resiko, kajian risiko dalam ISO 9001:2015 sangatlah penting, oleh karena itu perlu adanya kajian resiko pada setiap pemilik proses. Kemudian Pembahasan sasaran mutu/quality objective termasuk program/actifity plan agar tercapai sasaran mutu. Setiap awal tahun Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI pasti membuat PK, dimulai pada PK Satker, kemudian PK Bagian/Bidang/Lab/KSK disampaikan dengan SKP untuk semua PNS dilingkungan Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI. Berikutnya Evaluasi sasaran mutu/quality objective tahun sebelumnya, termasuk program/actifity plan agar tercapa sasaran mutu. Karena sasaran mutu identik dengan PK, maka secara otomatis sasaran mutu yang sudah ditetapkan akan dibahas baik dalam rapat pimpinan, monev dan lain-lain.

Poin selanjutnya pembahasan Key Performance Indicator (KPI) lembaga. Pada dasarnya KPI (Key Performance Indicator) merupakan PK lembaga dan identik dengan Sasaran Mutu, hanya data dalam KPI ini keberhasilannya atau capaiannya ditampilkan dalam triwulan, sampai sejauh mana target yang ditentukan dapat tercapai. Untuk KPI Tahun 2019 masih menggunakan Perka LIPI lama, sedangkan untuk tahun 2020 - 2024 harus menggunakan KPI yang baru berdasarkan Perka LIPI Nomor 427/J.10/2018 tanggal 6 April 2018. Lalu dilanjutkan dengan pembahasan resources (sumberdaya) meliputi manusia, mesin/peralatan, material/bahan baku, metode, dan manajemen.

rtm2 Pembahasan Sumber Daya Puslit Bioteknologi LIPI menyangkut beberapa hal, yaitu Sumber Daya Manusia dan Sarana Prasarana. Sumberdaya Manusia Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI dibagi dalam 2 bagian, yaitu PNS Yang terlibat dalam Penelitian dan PNS Penunjang Penelitian. Yang termasuk dalam PNS Iptek, yaitu Peneliti, Perekayasa dan Litkayasa. Sedangkan PNS Penunjang yaitu Tenaga Administrasi dan Fiungsional Non Peneliti. Kemudian yang terkait dengan Sarana dan Prasarana Puslit Bioteknologi LIPI, meliputi alat-alat yang baru dan modern dalam mendukung penelitian, Gedung Labaratorium, Peralatan Lab.

Tidak ketinggalan, dilakukan pembahasan Kepuasan Pelanggan (Costomer Feedback), dalam rapat tersebut disampaikan bahwa perlu dilakukan analisa hasil kepuasan pelanggan, tidak cukup questioner ke Pelanggan saja. Bahkan pembahasan keluhan pelanggan (customer complaint), perlu dilakukan analisa keluhan pelanggan, dan program/aktifity agar tidak terjadi keluhan pelanggan (complaint customer). Selanjutnya Pembahasan hasil temuan audit, baik audit internal maupun external tahun sebelumnya. pembahasan kelengkapan dokumen ISO termasuk adanya penambahan/pengurangan dan revisi/perubahan berasama dengan dokumen controller/sekretaris ISO/ISO Officer.

Pada RTM ini juga disampaikan beberapa hal terkait dengan perubahan-perubahan baik terkait dengan prosedur maupun form-form, dan pembahasan improvement (peningkatan berkelanjutan). Improvement berkaitan dengan Sumber daya: manusia, mesin/peralatan, material/bahan baku, metode, manajemen. Diharapkan hasil RTM tersebut dapat memperbaiki kinerja Puslit Bioteknologi LIPI secara berkelanjutan. (Warda/Pranata Humas)

 

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI