Sudut Biotek

Print

Guna Dukung Sinergi Pusat-Daerah, LIPI dan Pemkab Tabalong Gelar Seminar Aplikasi IPTEK Padi

tabalong1Tabalong - Kalimantan Selatan, 24 Oktober 2018, Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong dan PT Pertamina EP Tanjung Field melaksanakan kegiatan Seminar Hasil Riset LIPI bidang Pertanian. Turut hadir dalam kegiatan ini adalah Field Manager PT Pertamina EP Tanjung Field, Bapak M. Firdaus Sabaruddin dan juga Bapak Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong, H. Johan Nor Effendi yang sekaligus membuka kegiatan ini.

Kegiatan yang merupakan satu rangkaian kegiatan penanaman bersama padi gogo inpago LIPI menyuguhkan sesi seminar dan sesi praktik. Di sesi seminar narasumber dari LIPI memaparkan hasil riset padi gogo inpago lipi go, riset singkong, pupuk organik hayati, teknik kultur jaringan dan riset mengenai aquaponik.

tabalong3 Antusiasme para peserta yang berasal dari berbagai macam profesi mulai dari komunitas hidroponik Tabalong, penyuluh pertanian Kabupaten Tabalong, petani dan juga pegawai PT Pertamina EP Tanjung Field yang tetap semangat memperhatikan apa yang disampaikan. Hal ini terbukti di sesi tanya jawab, para peserta terlihat antusias berdiskusi yang menyasar berbagai permasalahan dan rasa ingin tahu dari seluruh peserta.

Di sesi praktik setelah santap siang, para peserta diajak untuk praktik menanam tanaman di intalasi akuaponik. Para peserta diajak untuk memiliki hands on experiences dalam mengerjakan akuaponik yang bisa dibangun dengan memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia di sekitar kita dan bahkan bisa menggunakan bahan bekas dengan prinsip 3R (reduce, reuse dan recycle).

tabalong2 Di akhir acara, perwakilan peserta secara sukarela mengungkapkan testimoninya mengenai acara ini. Peserta tersebut berterima kasih atas kesempatan yang dinilainya langka dan tak lupa berharap akan terus ada acara sejenis di laksanakan di Kabupaten Tabalong. (uff/humas).

 

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI