Sudut Biotek

Print

Program Benchmarking Pranaraksa PT. Astra Honda Motor Ke Puslit Bioteknologi LIPI

ahm0Cibinong, 26 Oktober 2018. Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI menerima kunjungan dari PT. Astra Honda Motor (AHM). Rombongan diterima oleh Kepala Sub Bidang Pengelolaan Hasil Penelitian (PHP) Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, Ario Tutuko Suwarno,S.Kom, mewakili Plt. Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI. Pengunjung diterima di ruang rapat gedung Administrasi Lantai 2 (dua). Mereka merupakan perwakilan dari guru SMK Kultur Jaringan Binaan PT. Astra Honda Motor (AMH) tahun 2018 yang berasal dari SMK Negeri 63 Jakarta, SMK Negeri 1 Baula, Prov. Sulawesi Tenggara, SMK Negeri 1 Kuripan, Prov. Nusa Tenggara Barat, SMK Negeri 1 Kelapa, Prov. Bangka Belitung, dan SMK Negeri 1 Puteri Hijau, Prov. Bengkulu.

Kunjungan ini dalam rangka benchmark program Pranaraksa Bioteknologi LIPI yang antara lain membahas : standar laboratorium dan flow proses kultur jaringan; proses aklimatisasi (pengelolaan, perawatan dan penggunaan media perbanyakan secara vegetatif); dan area nursery (pengelolaan, perawatan tanaman dan penggunaan media tanam). Fokus pembahasan tentang Kultur Jaringan Tanaman lebih praktis untuk tingkatan SMK.

ahm1 Para guru SMK juga diberikan penjelasan tentang lingkup penelitian, produksi bibit unggul, dan kegiatan yang dilakukan. Koleksi in vitro genotipe unggul (diploid) dan talas poliploid; penyediaan bibit unggul tanaman Tacca secara in vitro untuk pengembangan pangan alternatif; perbanyakan bibit Jati LIPI dengan teknik kultur jaringan; poliploid pada Artemisia annua; mikropropagasi dan konservasi tanaman buah nusantara; kultur jaringan Torbangun (Coleus ambionicus); tahapan mikropropagasi (produksi bibit tamanan); seleksi dan persiapan induk tanaman; inisiasi kultur tunas, penggandaan tunas, perakaran, dan penanaman di lapang.

Setelah mendengarkan paparan yang disampaikan oleh Dr. Tri Muji Ermayanti serta berdiskusi, peserta dibawa berkunjung ke laboratorium Biak Sel dan Jaringan Tanaman dan rumah kaca. Diakhir acara, pengunjung dibawa ke kebun Pranaraksa yang merupakan area pembibitan buah-buahan langka asli Indonesia, hasil kerjasama LIPI dengan PT. Astra. Diharapkan kegiatan serupa dapat terus digalakkan ke depannya sehingga dapat mengakselerasi fungsi science for community LIPI. (Avi-Humas)

 

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI